Ayam Berita

Harga Ayam Kerap Anjlok, DOC Serta Pakan Hendak Diatur

Harga Ayam Kerap Anjlok, DOC Serta Pakan Hendak Diatur

Harga Ayam Kerap Anjlok, DOC Serta Pakan Hendak Diatur – Departemen Perdagangan hendak merevisi Permendag 96 / 2018 tentang Harga Acuan Pembelian serta Harga Acuan Penjualan di Konsumen. Dalam perbaikan ini, hendak diatur harga acuan buat bibit ayam ( day old chicken / DOC ) serta pakan. Tujuannya buat menanggulangi perkara anjloknya harga di tingkatan peternak.

Sepanjang ini, harga acuan DOC serta pakan tidak diatur dalam Permendag 96 / 2018 tentang tentang Harga Baru Acuan Telur Ayam serta Daging Ayam. Dirjen Perdagangan Dalam Negara Suhanto berkata perbaikan Permendag lekas diterbitkan. Grupnya masih melaksanakan ulasan dengan Departemen serta Lembaga terpaut.

” Ini lagi kami bahas bersama dengan Departemen serta Lembaga terpaut serta Insya Allah dalam waktu dekat [ akan terbit ], baru lapor ke Pak Menteri [ Perdagangan ] kita siapkan Permendag buat itu, ” kata Suhanto di Jakarta, Rabu ( 4 / 12 / 2019 ).

Perbaikan Permendag 96 / 2018 dicoba bagaikan respons dari tuntutan para peternak ayam yang menggelar aksi di kantor Kemendag, Jakarta, pada minggu kemudian. Salah satu tuntutan itu merupakan penetapan harga acuan buat DOC serta pakan.

Tidak hanya itu, peternak kecil pula mengeluhkan tumbangnya harga ayam ras di tingkatan peternak sebesar Rp.14.000 per kilogram, lebih rendah dari harga acuan dengan harga Rp.18.000 per kilogram. Bersumber pada Permendag 96 / 2018, harga acuan pembelian ayam ras di tingkatan peternak sebesar Rp.18.000 hingga Rp.20.000 per kilogram.

Dengan terdapatnya harga acuan DOC serta pakan, hingga harga di tingkatan konsumen diperkirakan hendak turut berganti. Tetapi, Suhanto berkata perihal itu masih butuh dikaji terlebih dulu.

Related posts

Kandang Broiler Modern, Keberhasilan Peternakan?

Nasuha

Peternak Kini Dapat KUR ( Kredit Usaha Kecil )

TernakAyam

Besarnya Peluang Agribisnis Ayam Kampung

Ibnu Dwi Karsono

Leave a Comment

WhatsApp us