Ayam Kandang

Kandang Ayam Joper Modern adam Simpel

Kandang Ayam Joper Modern

Kandang Ayam Joper Modern adam Simpel – Kandang ialah tempat yang sangat berarti bila Kamu mau memelihara hewan ternak, spesialnya ayam. Keadaan kandang yang aman serta bersih hendak menghindari bermacam penyakit serta tekanan pikiran pada ayam, sehingga ayam bisa bertelur ataupun menciptakan daging dengan baik.

Buat kandang ayam joper ataupun ayam kampung luar biasa, diperlukan ketelitian spesial dalam pembuatannya sebab lumayan berbeda dengan kandang ayam tipe yang lain. Perihal ini disebabkan secara tidak langsung, kandang ataupun tempat beternak ayam joperini sangat pengaruhi kuantitas serta mutu dari ayam joperitu sendiri.

PEMBUATAN KANDANG AYAM JOPER YANG BAIK

Kandang Ayam Joper Modern adam Simpel, Dalam pembuatan suatu kandang, model dari kandang itu sendiri wajib disesuaikan dengan jumlah serta tipe ayam yang dipelihara. Kandang ayam joper ini umumnya memakai sistem postal. Yang diartikan dengan sistem kandang postal ini ialah suatu kandang tanpa tempat pengumbaran, jadi ayam hendak senantiasa terletak dalam kandang beralaskan litter.

Kelebihan dari sistem ini ialah lebih mengirit bayaran, tempat, serta tenaga dalam penjaannya. Tidak hanya itu, ada sebagian perihal yang butuh dicermati buat membuat kandang ayam kampung luar biasa supaya bisa mendapatkan hasil optimal.

Baca Juga : Kandang Ayam Kalkun Beserta Jenis – Jenisnya

ARAH KANDANG

Perihal awal yang butuh Kamu perhatikan dalam pembuatan kandang ayam joper ini merupakan arah dari kandang. Arah suatu kandang yang baik ialah menuju ke barat ataupun timur, supaya ayam yang terdapat didalamnya bisa terserang cahaya matahari secara langsung. Perihal ini sangat berguna dalam melindungi kesehatan dari ayam kampung. Metabolisme kalsium pada tulang ayam hendak senantiasa terpelihara sebab paparan dari cahaya matahari.

Tetapi bagi sesuatu riset yang sudah dicoba, bila ayam yang menghadap ke arah timur hendak lebih baik serta sehat dibanding dengan kepala ayam yang menghadap ke arah barat. Perihal ini bisa dikatakan sebab cahaya matahari di pagi hari lebih menyehatkan serta bisa melindungi metabolisme kalsium lebih baik daripada cahaya matahari di sore hari. Tidak hanya itu, Hawa di pagi hari pula masih fresh serta belum tercemar sehingga bisa merendahkan kemampuan penyakit untuk ayam kampung.

LETAK KANDANG

Dalam pembuatan Kandang Ayam Joper Modern adam Simpel tidak hanya arah kandang, letak dari kandang ayam joper ini pula butuh dicermati. Paling tidak jarak penempatan kandang terletak dekat 100 m dari pemukiman masyarakat buat mengestimasi penyakit pada ayam yang bisa meluas pada manusia. Perihal ini pula bertujuan buat mengestimasi ketidaknyamanan penduduk akibat limbah hasil ternak.

Tidak hanya itu, penempatan kandang yang jauh dari pemukiman disebabkan ayam kampung hendak sangat berisik pada jam tertentu, sehingga tidak mengusik area sekitarnya. Letak dari kandang ayam kampung luar biasa ataupun joper yang bersebelahan dengan sumber air pula butuh dipertimbangkan. Hendak lebih menguntungkan bila kandang yang terbuat dekat dengan sumber air sehingga mempermudah Kamu dalam pembersihan kandang serta penyediaan air minum buat ayam.

AKSES MENGARAH KANDANG

Kala Kamu memastikan posisi ataupun letak dari kandang ayam joper, akses mengarah kandang tersebut pula butuh dicermati. Nyatanya perihal yang sangat dinantikan dalam melaksanakan suatu bisnis peternakan ayam joper ini merupakan mendapatkan banyak keuntungan.

Buat itu, kemudahan dalam akses transportasi hendak menolong dalam pemasaran ayam joper. Yakinkan kandang ayam kampung luar biasa tersebut bisa diakses oleh kendaraan roda 2 ataupun roda 4 dengan gampang. Dengan begitu, para konsumen serta pengepul bisa meninjau langsung kandang yang sudah terbuat.

PENYALURAN LIMBAH

Dalam suatu kandang ayam joper, Kamu butuh membenarkan limbah ternak bisa tersalur dengan baik serta benar supaya tidak terjalin penimbunan kotoran ataupun genangan air. Perihal tersebut sangatlah beresiko serta bisa dengan gampang memunculkan penyakit untuk ayam kampung ataupun manusia. Oleh sebab itu, diperlukan saluran serta tempat buat menampung kotoran ayam tersebut supaya bisa terkumpul pada satu tempat. Kamu pula bisa mendapatkan keuntungan secara lebih dari kotoran ayam ini sebab bisa dijual serta digunakan bagaikan pupuk natural ataupun pupuk kandang.

DIMENSI KANDANG

Dimensi kandang ayam joper ini bisa disesuaikan dengan besar kecilnya modal yang Kamu miliki. Tidak hanya itu, penyesuaian dimensi kandang terhadap dimensi pekarangan pula wajib dipertimbangkan. Dalam beternak ayam joper, ada 2 tipe kandang yang diperlukan ialah kandang box yang berperan buat memelihara anakan ayam berumur 1 sampai 3 minggu serta kandang pembesaran yang berperan bagaikan tempat pemeliharaan ayam berumur 3 hingga 8 minggu.

Kandang box yang baik memiliki dimensi 1 m persegi dengan jumlah 70 ekor anakan ayam ataupun DOC didalamnya. Kehangatan temperatur pada kandang box pula wajib senantiasa dilindungi, ialah dekat 30 sampai 32 derajat celcius. Kala umur ayam joper telah tiba 21 hari, hingga butuh dipindahkan kedalam kandang pembesaran. Buat satu buah kandang pembesaran berdimensi 13 m persegi bisa menampung sampai 100 ekor ayam.

KONSTRUKSI BANGUNAN KANDANG AYAM

Tidak butuh takut tentang bayaran pembuatan kandang ayam joper. Kamu tidak butuh membeli bermacam bahan konstruksi yang biayanya mahal. Bahan yang digunakan buat konstruksi kandang ayam kampung luar biasa ini tercantum murah serta gampang didapatkan. Tetapi, senantiasa upayakan bahan yang digunakan bermutu serta konstruksi bangunan pada kandang ayam kampung luar biasa ini betul- betul kuat serta tahan lama.

Ada sebagian opsi bahan yang bisa Kamu pakai buat membuat suatu kandang ayam antara lain kayu, bambu, besi, kawat, baja ringan. Dari sebagian bahan itu, kawat merupakan bahan yang sangat murah, gampang didapatkan, dan sanggup bertahan sampai 5 tahun dalam konsumsi secara wajar.

ATAP KANDANG

Buat bagian atap dari kandang ayam joper hendaknya jangan memakai bahan yang cenderung bisa membuat temperatur hawa didalam kandang jadi panas semacam pemakaian seng. Temperatur yang terdapat dalam kandangsangatlah pengaruhi mutu dari ayam joper itu sendiri. Kala ayam joper kepanasan, tingkatan produktivitasnya bisa menyusut.

Tidak hanya itu, upayakan bahan pembuat atap tersebut tidak memunculkan suara berisik kala turun hujan sebab bisa membuat ayam tekanan pikiran. Oleh sebab itu, upayakan bahan pembuat atap yang digunakan tidak mengusik kenyamanan dari ayam joper. Kamu bisa memakai rumbai, terpal, serta asbes buat membuat bagian atap kandang.

Baca Juga : Ternak Ayam Cemani Serta Analisa Usahanya

BILIK DAN LANTAI KANDANG AYAM

Kamu bisa membuat bilik kandang ayam kampung luar biasa memakai anyaman bambu serta triplek. Tidak hanya kuat serta sanggup tahan dalam waktu yang lama, harga dari kedua bahan tersebut pula terkategori murah serta gampang didapatkan

Buat bahan pembuat lantai kandang, bisa terbuat dari tanah yang dipadatkan ataupun semen serta lebih besar dari sekitarnya buat mempermudah proses sanitasi. Dibutuhkan rongga – rongga ataupun serapan air pada lantai kandang supaya tidak becek serta senantiasa kering sehingga tidak memunculkan bermacam berbagai penyakit.

Related posts

Kandang Pembesaran Ayam Kampung Super

Ibnu Dwi Karsono

Ini Sebabnya Bisnis Ayam Kampung Menggiurkan

Ibnu Dwi Karsono

Kandang Baja Mutu Tinggi Untuk Peternakan Sapi

TernakAyam

Leave a Comment

WhatsApp us