Ayam Kandang

Kandang Ayam Joper Umbaran dan Cara Mengelolanya

Kandang Ayam Joper Umbaran

Kandang Ayam Joper Umbaran dan Cara Mengelolanya – Sistem umbaran merupakan metode ektensif yang umumnya digunakan buat beternak ayam kampong, yang triknya dengan membiarkan ayam dilepaskan serta biar ayam lebih bebas bergerak cocok kemauan ayam tersebut. Sistem ini pula mempermudah peternak dalam beternak sebab ayam dibiarkan lepas buat pakannya umumnya dari alam, semacam: biji – bijian, buah – buahan, cacing, semut, laron, bekicot, serta lain – lain.

Meski ayam dibiarkan lepas begitu saja, tidak kurang ingat peternak pula wajib sediakan kandang yang berperan bagaikan tempat berlindung pada malam hari serta kala hujan turun tidak kehujanan. Berikut sebagian metode berternak ayam dengan memakai sistem umbaran:

Tipe Ayam Kampung

Pemilihan tipe ayam kampong yang baik yang biasa diternak umumnya memilih bibit ayam yang memanglah memiliki prospek yang bagus.

Pelepasan Ayam

Kandang Ayam Joper Umbaran,Ayam dibebaskan buat lepas di luar area, daging serta telur yang dihasilkan dari ayam tersebut lebih sehat bila dibanding dengan ayam yang cuma di dalam kurungan saja. Sebab ayam yang diternak dengan sistem umbaran makannya juga lebih natural dari pakan ayam yang kerap memiliki pengawet, ayam tersebut dibebaskan pula menimbulkan daging mereka lebih padat.

Aktifitas

Ayam yang diumbar pula bisa beraktifitas lebih natural, semacam halnya dalam menggaruk serta menggali tanah di dekat area, menceker – ceker tanah yang umumnya dicoba buat mencari santapan, dengan sayap yang dipunyanya ayam tersebut dapat terbang rendah dengan leluasa, tidak butuh repot dalam menjemurkannya di dasar sinnar matahari sebab telah terbiasa dilepas di dasar cahaya matahari.

Baca Juga : Cara Membersihkan Kandang Ayam Petelur Dengan Mudah

Pembuatan Kandang

Kandang Ayam Joper Umbaran, Buatlah kandang yang cocok dengan jumlah ayam tersebut, meski ayam tersebut lebih kerap diumbar tetapi ayam itu pula perlu tempat buat istirahat serta berteduh. Kandang tersebut terbuat secara terpisah, ialah dengan memisahkan indukan serta anak ayam. Jadi ayam yang telah besar serta masih kecil mempumyai tempanya sendiri. Di kandang ayam tersebut pula wajib disediakan jaringan listrik, yang berperan bagaikan penerangan di dalam kandang pada dikala malam hari serta pula dapat bagaikan penghangat.

Peternak butuh membuat kandang buat bertelur umumnya buat tempat induk ayam, umumnya wujudnya terbuat kotak dengan dimensi Panjang X Lebar X Besar = 35 X 35 X 35, terletak diatas ketinggian yang kurang lebih 50 centimeter di atas permukaan tanah.

Kandang brooder digunakan buat kandang anak ayam yang baru menetas serta diatas diberi lampu pemanas. Upayakan kandang brooder tertutup rapat supaya tidak terdapat angin yang masuk ke kandang. Dapat diatasi dengan menutup celah kandang dengan plastic ataupun terpal pada dikala malam hari serta dikala hujan.

Tempat bertengger, Umumnya ayam suka bertengker di atas ketinggian buat ayam bisa tidur secara tertib, serta melindungi ayam dari pemangsa. Umumnya tempat tersebut di buat dari bamboo namun pula wajib memandang keadaan kandangnya terlebih dulu. Pagar keliling terbuat lumayan besar dekat 2 m supaya ayam tidak bisa keluar zona peternakan, terdapat yang dibuat dari seng sisa, batako, ataupun bamboo yang biayanya lebih murah.

Wadah Makanan

Bila beternak dalam skala besar hingga peternak wajib terampil dalam membuat wadah santapan serta minuman yang dapat digunakan buat seluruhnya, lain halnya bila beternak dalam skala kecil, bila tidak mau menyusahkan diri sendiri dapat dibeli di pasar terdekat paket buat wadah santapan serta minuman yang umumnya ukurannya lebih kecil daripada membuat sendiri.

Pakan

Bila mau meracik pakan yang pas dalam beternak ayam supaya ayam tersebut sehat, hingga ramuan tersebut pastinya dapat terbuat sehabis peternak melaksanakan proses pembelajaraan serta studi spesial.

Eksplorasi Lingkungan

Buat mengamati area dekat yang bermanfaat buat memandang ayam yang diumbar itu nyaman, hingga bagaikan peternak wajib buat catatan aktivitas eksplorasi area kandang. Biar kita mengenali kemana ayam tersebut bergerak lepas, hingga peternak pula wajib membuat simulasi ayam berkeliaran kemana saja, yakinkan ayam bergerak ke tempat yang nyaman. Ayam yang diumbar bukan berarti tanpa terdapatnya pengawasan dari peternak, hendaknya dengan mengenakan sistem ini pula memerlukan terdapatnya pengawasan yang ekstra.

Suplemen serta Vitamin

Tidak cuma pakan saja yang wajib dicermati, namun dalam membagikan suplemen serta vit spesial buat ayam yang diumbar pula diwajibkan. Dengan membagikan suplemen serta vit spesial hingga, hendak mempengaruhi ayam berkembang dengan sehat. Bila mau memberinya hingga jangan beri yang aneh- aneh saja. Wajib dicermati pula konsumsinya.

Identifikasi Ayam

Meski sistem ini masih dibilang sangat tradisional namun dalam berternak ayam yang diumbar, peternak hendaknya pula senantiasa melaksanakan mekanisme dalam mengenali ayam- ayamnya. Jangan kurang ingat catatlah semacam Kapan ayam tersebut menetas dari telur ? Kapan rasanya ayam hendak dapat dipanen? Tidak hanya mencatat 2 perihal tersebut, ayam tersebut pula memiliki usia jadi sangat berarti buat diingat- ingat, sebab panen pula didetetapkan oleh usia. Jangan panen kala sangat dini maupun hingga telat memanen ayamnya.

Masa Panen

Tidak lengkap rasanya bila memiliki ternak ayam namun tidak hingga sesi memanen. Jika buat tipe ayam kampong dapat di panen kala usianya masih dikategorikan muda, karena ayam yang telah tua usianya baru dipanen, nanti dagingnya dapat jadi keras. Peternak pula hendaknya sediakan jasa buat pemotongan ayam sekalian dalam pencabutan bulu – bulunya, pasti saja si peternak pula lebih mengenali perihal tersebut cocok dengan prosedur kesehatan sehingga kualitas serta gizi ayam tersebut terjamin.

Baca Juga : Kandang DOC Ayam Yang Baik dan Benar

Apapun tipe usahanya tentu memerlukan promosi. Dalam promosi tersebut peternak wajib membuat nama usahanya seunik bisa jadi, nama usaha tersebut dapat dijadikan karakteristik khas tertentu yang nantinya dapat dikenalkan kepada warga lewat sebagian social media semacam: whatsapp, instagram, facebook serta lain – lain.

Sistem yang dapat diucap tradisional ini umumnya sistem yang kerap diterapkan di wilayah pedesaan sebab memiliki lahan lumayan luas. Namun sistem ini sesungguhnya kurang efisien sebab peternak hendak kesusahan dalam mengawasi hewan ternaknya, dikhawatirkan lenyap serta dapat saja dimakan oleh predator lain, tidak hanya ayam sebagian hewan lain yang biasa diternak dengan sistem umbaran semacam: kucing, biawak, musang, burung elang, ataupun yang yang lain.

Related posts

Budidaya Ayam Layer Bagi Peternak Pemula

Nasuha

Ayam Impor Brazil Masuk Indonesia Memproteksi Peternak Lokal

Nasuha

Ayam Elba Ayam Petelur yang Menguntungkan

TernakAyam

Leave a Comment

WhatsApp us