Artikel Kandang

Kandang Ayam Kampung Bau? Ini Penyebabnya

Kandang Ayam Kampung Bau? Ini Penyebabnya

Kandang Ayam Kampung Bau? Ini Penyebabnya – Kandang ayam kampung yang terletak di dekat area permukiman sering mengundang keluhan masyarakat sebab menghasilkan bau yang tidak nikmat. Kandang ayam, paling utama ayam kampung, memanglah berpotensi menghasilkan bau. Ini terjalin akibat kesalahan manajemen kandang yang membuat kotoran ayam yang tidak ditangani dengan benar sehingga bisa memunculkan aroma yang tidak nikmat. Tidak hanya itu, terdapat pemicu lain kandang ayam kampung bau. Berikut faktor – faktor pemicu yang diartikan.

Kepadatan besar serta panas

Perputaran hawa yang tidak bagus di dalam kandang akibat kandang sangat padat diisi oleh ayam membuat keadaan kandang panas serta lembap. Keadaan semacam ini hendak menimbulkan ayam merasa kehausan serta memunculkan rasa tidak aman.

Kandang yang panas dengan kepadatan besar hendak menimbulkan ayam hendak lebih kerap minum sehingga komposisi cairan pada kotoran yang dikeluarkan jadi lebih besar. Perihal tersebut sanggup merangsang aroma bau yang tidak nikmat.

Komposisi bahan pakan

Isi protein yang sangat besar namun tidak sebanding dengan kebutuhan nutrisi protein ayam bisa menimbulkan kotoran berbau menusuk. Perihal ini diakibatkan isi protein yang dikeluarkan bersama kotoran ayam jadi tempat berkembang yang bagus buat kuman.

Tidak hanya itu, pakan yang sangat banyak memiliki serat, paling utama bahan pakan karbohidrat, pula bisa menimbulkan tingkatkan perlekatan santapan dalam saluran pencernaan. Dengan begitu, kotoran yang dihasilkan hendak berbentuk cairan.

Nutrisi pada pakan tidak tercerna sempurna

Nutrisi pakan yang tidak tercerna sempurna sebab keadaan usus ayam tidak maksimal dalam meresap nutrisi.

Penyakit pencernaan

Penyakit pencernaan yang biasa melanda ayam merupakan iritasi pada saluran pencernaan yang diakibatkan oleh kuman, virus, serta protozoa. Penyakit tersebut bisa menimbulkan ayam hadapi mencret sampai kotoran yang dikeluarkan basah serta beraroma menusuk.

Keadaan kandang cuaca

Bau kandang bukan cuma diakibatkan kotoran ayam. Keadaan kandang yang basah pula bisa merangsang bau. Keadaan kandang yang bocor bisa menimbulkan kotoran ayam terserang cipratan air hujan sehingga kotoran yang mulanya kering jadi becek, lembap, serta berbau.

Tidak hanya air hujan, Kamu wajib perhatikan posisi air minum. Jangan hingga air minum tumpah menimpa kotoran ayam serta sekam.

Related posts

Tipe Pakan Ayam yang Hendaknya Kamu Tahu

Ibnu Dwi Karsono

Kesalahan Kandang Ayam DOC yang Sering Dilakukan Peternak

TernakAyam

Waspada 5 Tipe Penyakit Sapi Ini Dikala Masa Hujan

Ibnu Dwi Karsono

Leave a Comment

WhatsApp us