Ayam Berita

Kandang Ayam Ludes Terbakar, Ternyata Ini Penyebabnya!

Kandang Ayam Ludes Terbakar, Ternyata Ini Penyebabnya

Kandang Ayam Ludes Terbakar – Sebuah kandang ayam yang terletak di Dusun Jetak, Desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo, pada Sabtu (24-8/2019) siang hari, terbakar akibat korseleting listrik.

Baca Juga : Teknologi Fermentasi Solusi Pakan Ternak Sapi

Berdasarkan berita yang dihimpun dari Harianjogja.com, kandang ayam milik Haryanto (35 tahun), yang merupakan warga Jetak mengalami kerugian hingga puluhan juta.

Wawancara yang dikutip dari Harianjogja, menyebutkan, bawa kurang dari satu jam kandang ayam yang memiliki luas 81meter persegi yang dilalap si jago merah ini baru bisa dipadamkan oleh pemadam kebakaran yang dibantu oleh warga.

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. dan langsung direspon oleh tim pemadaman kebakaran pada pukul 14.45 wib.

Penyebab Kandang Ayam Ludes Terbakar

Kandang ayam dengan luas 81 meter persegi ini terbakar akibat korseleting listrik dari kabel lampu. Beruntung, kandang ayam ini tidak membakar seluruh ternak ayam di dalam kandang karena memang pemilik ayam belum lama ini sudah menjual hasil panen ternaknya.

Baca Juga : Biosekuriti Dalam Beternak Ayam

Kebakaran yang terjadi ini mudah menyebar karena kandang ayam ini menggunakan material yang didominasi oleh bambu dan kayu.

Penggunaan material bangunan bambu dan kayu ini memang menjadi salah satu material yang rentan terhadap api dan lebih mudah terbakar.

Sebenarnya, penggunaan material bambu dan kayu ini sudah harus ditinggalkan. Selain karena material ini tidak tahan api, penggunaan material bambu dan kayu untuk bangunan kandang ayam sudah terlalu konvensional. Kekurangan lainnya jika menggunakan material bambu dan kayu yang diaplikasikan pada kandang ayam ini juga mudah lapuk dan tidak tahan lama.

Sumber: Google

Related posts

Kandang Broiler Modern, Keberhasilan Peternakan?

Nasuha

Jenis Ayam Petelur di Indonesia

Nasuha

Beternak Ayam Kalkun, Unggas Menawan Berdaging Lezat

Ibnu Dwi Karsono

Leave a Comment

WhatsApp us