Ayam Kandang

Kandang Ayam Petelur Umbaran Serta Manfaatnya

Kandang Ayam Petelur Umbaran

Kandang Ayam Petelur Umbaran Serta Manfaatnya – Berbeda dengan sistem budidaya ayam petelur yang terdapat di dekat rumah aku yang banyak memakai model kandang baterai ataupun tipe kandang sangkar yang kerap digunakan dalam budidaya ayam petelur. Seseorang sahabat, malah memilah buat budidaya ayam petelur dengan memakai sistem umbaran.

Yang diartikan dengan sistem umbaran, ialah metode memelihara ayam dengan metode, ayam dilepaskan buat bergerak leluasa di tanah, jadi tidak senantiasa terletak di dalam kandang kecil sejauh waktu. Ia berkata kalau memelihara ayam petelur dengan sistem umbaran, hingga ayamnya lumayan sehat, serta tidak sering stress, sehingga penciptaan telur dapat menggapai 95%. Memanglah ia mengakui kalau memelihara ayam dengan sistem umbaran ini mempunyai kekurangan, paling utama pada jumlah ayam yang dapat dipelihara.

Jadi, memanglah sistem ini sangat sesuai buat peternak yang memelihara ayam dalam jumlah kecil. Namun bila jumlah ayamnya telah terus menjadi banyak, hingga metode ini telah tidak efektif lagi. Buat permasalahan sahabat aku ini dikala ini ia memelihara ayam petelur sebanyak 100 ekor. Dalam pemeliharaannya, sahabat aku ini memakai sistem kandang dengan lantai tanah, namun lantai kandang tersebut dilapisi dengan kulit padi ( sekam ).

Buat pembersihannya sendiri, dicoba tiap seminggu sekali, jadi sekam yang kotor hendak diambil, kemudian ia hendak mengubah dengan sekam yang baru. Jadi, kotorannya dapat langsung terbuang bersama dengan sekamnya. Metode ini bagi ia sangat instan, lebih kilat, serta lebih gampang. Sebaliknya buat pakannya, ia pula memakai tipe pakan yang sama semacam pakan ayam petelur lain dari kandang baterai. Buat pemberian pakannya diberikan sebanyak 2 kali, serta senantiasa dicoba di dalam kandang, jadi pemberian pakan awal dicoba saat sebelum ayam keluar kandang, serta sehabis ayam kembali ke kandang, ayam diberi pakan lagi. Pada dikala sore hari, ayam hendak dimasukkan ke dalam kandang, kemudian dikala pagi hari ayam hendak dilepaskan ke taman.

Baca Juga : Kandang Ayam Joper Umbaran dan Cara Mengelolanya

Khasiat Memilah Memakai Tata cara Umbaran buat Kandang Ayam

Kandang Ayam Petelur Umbaran, Untuk peternak sapi ataupun domba, membiarkan hewan ternak berkeliaran di luar kandang merupakan perihal yang biasa. Buat peternak ayampun bisa melaksanakan perihal yang sama meski terdapat sebagian efek apabila ayam – ayam tersebut berkeliaran. Dikala kita berikan makan ayam, kita dapat memandang terdapatnya interaksi diantara mereka. Mereka nampak fokus memakan santapan yang terdapat dihadapan mereka, sesekali terlihat ayam jago mematuk ayam yang terdapat disebelahnya. Para betina yang memiliki anak yang masih kecil berupaya keras melindungi anaknya, terkadang bulu mereka mekar hanya memperlihatkan perlawanan mereka terhadap sekumpulan yang mengusik anaknya.

Memanglah perlu pelatihan supaya ayam kamu terbiasa berkeliaran tetapi pastinya senantiasa nyaman dari predator pengganggu ataupun pencuri yang siap bawa lari ayam kamu. Bila kamu bukan peternak besar yang memiliki ribuan ekor ayam, kamu bisa berupaya ayam kamu buat diumbar diluar kandang.

Kandang Ayam Petelur Umbaran, Terdapat sebagian perihal yang pantas kamu perhatikan kala ayam itu diumbar. Zona yang dijadikan tempat berkeliarannya ayam hendaknya lumayan luas, dan berpagar besar supaya ayam tidak gampang terbang keluar kandang tetapi yakinkan pagar tidak dibuat dari kawat berduri. Kawat memanglah dapat meminimalisir pencuri yang hendak masuk, tetapi dapat membuat ayam kamu terluka. Buat ayam yang masih kecil- kecil hendaknya jangan dicampur dengan ayam jago. Dikhawatirkan dapat dijadikan target keganasan ayam jago. Buat anakan ayam hendaknya bagian dasar pagar terbuat rapat supaya mereka tidak dapat menerobos keluar. Dapat dibayangkan apabila mereka keluar pagar, kamu wajib berlari, menghalau ke kandang serta menangkap mereka. Sangat merepotkan, bukan ? Terdapat sebagian khasiat dengan melepas- liarkan ayam kamu:

• Biaya pakan berkurang

Kala ayam berkeliaran, mereka hendak makan suatu yang ditemukan diluar kandang semacam biji – bijian, buah – buahan, cacing, semut, laron, bekicot serta bermacam hewan yang lain. Itu maksudnya kamu dapat lebih mengirit pengeluaran buat pakan mereka.

• Kandungan daging serta telur lebih sehat dibanding ayam yang dikurung didalam kandang dengan luas terbatas. Ayam yang diumbar makannya lebih natural terbebas dari pakan ayam yang memiliki pengawet, leluasa bergerak yang menimbulkan daging mereka lebih padat.

• Pengendali serangga yang baik

Ayam suka makan bermacam berbagai serangga. Kala mereka leluasa berkeliaran, mereka bisa menangkap lebih banyak serangga.

• Pemupukan serta mengaerasi tanah

Ayam suka melaksanakan rutinitas menggaruk, mamatuk serta membuang kotoran ditanah. Secara tidak langsung turut berfungsi dalam menyuburkan tanah.

• Lebih alami

Dengan diumbar ayam dapat beraktifitas yang memanglah naluri ia bagaikan ayam. Misalnya menggaruk serta menggali tanah, menceker – ceker tanah buat mencari santapan, sesekali terbang rendah, mengkibas – kibaskan sayapnya, sangai dibawah cahaya matahari, berteduh dibawah tumbuhan apalagi mandi debu dikubangan tanah. Seluruh itu tidak dapat dicoba bila ayam dikurung di dalam kandang.

Walaupun begitu terdapat sisi kelemahan pula ayam dibiarkan diluar kandang

Ancaman para predator

Kandang Ayam Petelur Umbaran, Ayam memiliki musuh yang kapan saja dapat menyantapnya hidup- hidup. Sebagian contohnya merupakan tikus, ular, burung elang, burung hantu, anjing. Fauna itu hendak bahagia sekali apabila ayam terletak diluaran sebab mereka tidak memiliki kesusahan yang berarti kala hendak menerkam mereka serta mereka dapat lebih kilat buat melarikan diri kala peternak tiba.

Buat mengestimasi, kamu bisa melaksanakan sebagian perihal:

• Menyadari ancaman itu

Ayam umumnya kan berkotek- kotek kala terdapat bahaya tiba. Nah, kamu bagaikan peternak wajib peka dengan suara kebisingan yang terdengar tidak semacam umumnya.

• Memberi komposisi ayam jantan yang cukup

Mayoritas ayam jantan secara naluriah hendak memandang keluar bila memandang predator tiba. Ia senantiasa mengawasi tiap terdapatnya ancaman yang mengusik.

• Memiliki kandang portable yang dapat berjalan

Dengan mempunyai kandang portable kamu bisa bergerak disekitar areal umbaran serta bisa melindungi ayam sepenuhnyadi zona yang terdekat dengan kamu.

Cuaca

Salah satu bahaya dari ayam yang diumbarkan merupakan cuaca yang kerap berganti. Hendaknya anda memiliki kandang yang memiliki naungan, jadi pada dikala hujan turun, ayam- ayam kamu bisa berteduh dengan tenang didalam kandang.

Bila ayam diumbar efek lain merupakan telur yang tidak menetap disarang telur. Adakalanya ayam meletakkan telur dibawah tumbuhan yang tertutup dedaunan, dibawah tumpukan kayu, dilubang dalam tanah. Bila kamu menaruh telur di kotak sarang dalam minggu awal ataupun kedua, mungkin dikala mereka terletak diluar kandang, mereka sudah terbiasa meletakkan telur dikotak sarang.

Kamu bisa meletakkan kotak sarang diluar kandang meski pada sesi dini terdapat penyusutan jumlah telur yang dihasilkan perharinya.

Kehancuran tatanan taman

Bila kamu mempunyai halaman yang banyak ada bunga, kamu butuh menjaganya supaya tidak jadi target tempat menggaruk, mematuk serta tempat bermain debu yang aman untuk ayam kamu. Upayakan kandang ayam ataupun tempat ayam mengumbar lokasinya tidak berdekatan ataupun bersebelahan dengan halaman. Dikhawatirkan ayam bisa terbang sampai menyeberang ke halaman kamu yang asri.

Ayam yang sangat kerap diumbar cenderung susah buat diajak masuk ke dalam kandang. Butuh dicoba pelatihan supaya ayam terbiasa masuk kembali ke kandang. Buat sebagian minggu awal hendaknya kamu mengurung ayam dalam kandang. Ia pula dianjurkan meletakkan telur didalam kotak sarang. Dengan begitu ayam hendak ketahui kalau kandang ialah rumah nya tempat ia kembali sehabis seharian diumbar diluar kandang.

Sehabis seminggu terletak dikandang, dikala sore hari menjelang senja, coba perkenalkan mereka sejenak dengan area diluar kandang. Bukalah pintu kandang hingga mereka hendak keluar dengan sendirinya. Dikala mereka keluar, pintu perkenankan dalam kondisi terbuka sehingga ayam bisa leluasa keluar masuk kandang. Dalam sebagian minggu, awasi mereka biar jangan sangat jauh berjalan keluar kandang. Sehabis terbiasa, mereka hendak hafal sehingga bila dikala senja datang, mereka hendak bersama- sama masuk kembali ke dalam kandang.

Baca Juga : Cara Membersihkan Kandang Ayam Petelur Dengan Mudah

Bila kamu mau mereka kembali ke kandang pada siang hari, kamu bisa memanggil mereka dengan panggilan khas ayam. Kur.. kur.. bawalah sebagian santapan ayam semacam beras, voer ataupun BR, jagung giling yang dapat mengundang mereka buat lekas kembali kembali ke kandang. Taburkan sebagian santapan disepanjang jalur supaya mereka menjajaki kita. Dikala itu perkenankan pintu kandang dalam kondisi terbuka. Sehabis mereka masuk ke dalam kandang, lekas tutup pintu kandang. Butuh sebagian minggu supaya mereka terbiasa. Sehabis terbiasa, perihal itu hendak jadi gampang untuk kamu buat memangil mereka kembali ke kandang.

Related posts

Resep Pakan Ayam Memakai Bawang Putih

Ibnu Dwi Karsono

Jenis Ayam Petelur di Indonesia

Nasuha

Konstruksi Yang Pas Buat Kandang Ayam Broiler

Ibnu Dwi Karsono

Leave a Comment

WhatsApp us