Artikel Ayam Bisnis

Keuntungan Ternak Ayam Potong

Keuntungan Ternak Ayam Potong

Keuntungan Ternak Ayam Potong Target utama bagi para pengusaha saat membuka sebuah peluang usaha baru adalah mendapatkan keuntungan. Saat ini, jenis usaha yang cukup menggiurkan dan memiliki peluang cukup terbuka adalah dari sektor peternakan terutama ternak ayam potong atau yang biasa kita sebut broiler.

Baca Juga : Kapal Ternak Penunjang Percepatan Pemerataan Peternakan

Berikut adalah Keuntungan Ternak Ayam Potong yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Keuntungan Ternak Ayam Potong

Usaha ternak ayam potong kini memang cukup menjamur. Akan tetapi, menurut data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, menyebutkan bahwa peternakan ayam belum merata di Indonesia. Hal ini tentu dapat menjadi sebuah peluang usaha. Nah, berikut adalah keuntungan ternak ayam potong.

Permintaan Pasar Tinggi

Salah satu alasan mengapa jenis bisnis ayam potong ini cukup diminati masyarakat yaitu karena permintaan pasar terhadap ayam potong masih cukup tinggi dan cenderung meningkaat dari tahun ke tahun.

Ayam potong menjadi salah satu jenis ayam yang cukup dikenal dan dicari oleh konsumen secara luas. Permintaan akan daging ayam juga cukup tinggi dan bisa dinikmati oleh beragam kalangan dan menjadikan ayam sebagai menu favorit baik untuk menu utama maupun sebagai menu olahan yang membuat permintaan pasar semakin meningkat.

Target Pasar Luas

Keuntungan dari beternak ayam potong selain karena permintaan pasar yang cukup tinggi juga dikarenakan memiliki pasar yang cukup luas. Hal ini dikarenakan daging ayam potong ini selain dikonsumsi sendiri juga banyak disediakan di menu-menu restauran maupun warung-warung di pinggir jalan.

Peternak ayam potong tidak perlu repot dalam mencari pasar, justru ayam potong banyak dicari oleh konsumen itu sendiri.

Cepat Panen

Seperti yang sudah diketahui, masa panen ayam potong relatif lebih cepat jika ditangani dengan penanganan ternak yang tepat serta intensif. Kebanyakan, ayam potong ini sudah bisa dipanen selama 35 hari dari ayam itu sendiri. Dengan demikian, usaha peternakan ayam ini bisa melakukan pembibitan ayam baru setelah masa panen di kandang selesai.

Baca Juga : Kandang Ayam Ludes Terbakar, Ternyata Ini Penyebabnya!

Adanya Keuntungan dari Kotoran

Keuntungan yang sudah disebutkan menjadi keuntungan pasti bagi para peternak yang memulai mencoba peruntungan pada ayam ternak potong. Keuntungan diatas menjadi keuntungan baku yang akan didapat.

Ayam potong ini dapat dimanfaatkan dagingnya. Tapi siapa sangka, kini kotoran dari ayam pun cukup banyak dicari oleh para petani yang memanfaatkannya menajdi pupuk tanaman. Dengan memanfaatkan hal tersebut, tentu peternak akan memiliki penghasilan tambahan.

Sumber: Google

Related posts

Dampak Pemanasan Global Terhadap Perunggasan

Nasuha

Ayo Beternak Ayam Kalkun

Ibnu Dwi Karsono

Panduan Pemeliharaan Ayam Buras secara Intensif

Ibnu Dwi Karsono

Leave a Comment