Artikel Kandang Sapi

Metode Melindungi Kebersihan Kandang Sapi dengan Benar

Metode Melindungi Kebersihan Kandang Sapi dengan Benar

Metode Melindungi Kebersihan Kandang Sapi dengan Benar – Melindungi kebersihan kandang sapi merupakan aktivitas yang sangat berarti demi kesehatan ternak, semacam sanitasi. Sanitasi ialah aksi yang dicoba dengan tujuan melindungi kesehatan ternak sapi lewat serangkaian aktivitas kebersihan.

Melaksanakan sanitasi yang baik serta benar secara berkala bisa meminimalisir peristiwa penyakit pada ternak sapi, baik yang diakibatkan oleh kuman, virus, jamur ataupun mikroorganisme pencemar.

Ada pula rangkaian aktivitas kebersihan ( sanitasi ) yang bisa Kamu jalani tiap hari, ialah dengan senantiasa mensterilkan perlengkapan yang sudah digunakan. Bilas perlengkapan dengan sabun serta memakai desinfektan semacam lysol, tepung kapur. Sehabis dibersihkan, perlengkapan langsung dijemur di dasar cahaya matahari/UV.

Sedangkan buat melindungi kebersihan kandang, Kamu wajib memerhatikan perputaran hawa. Kandang wajib memiliki ventilasi yang baik supaya aliran hawa mudah. Perihal ini sangat berarti dalam pengembangbiakan ternak sapi, paling utama sapi potong, ialah kurangi kandungan amonia pada kandang.

Kandang yang dibentuk tidak boleh membatasi cahaya matahari masuk ke kandang. Bangunan kandang wajib didesain dengan benar buat mempermudah pembersihan. Perihal ini jadi berarti buat kurangi tekanan pikiran pada ternak sapi.

Tidak hanya itu, kotoran sapi hendaknya tidak dibiarkan menumpuk di dalam kandang. Pakan – pakan sisa wajib lekas dibersihkan serta sisa pakan yang di lantai kandang lekas dibuang. Lekas mensterilkan zona genangan air di lantai buat meminimalisir perkembangan mikroorganisme pencemar. Buat melindungi kebersihan di areal luar kandang, tumpukan sampah maupun limbah dari kandang lekas dibuang.

Bila terjalin perlukaan pada kulit sapi, kotoran serta lalat bisa memperburuk keadaannya. Oleh sebab itu, Kamu wajib senantiasa memantau kondisi kulit sapi. Apabila butuh, kotoran yang menempel tebal di kulit/rambut sapi lekas dibersihkan dengan metode dimandikan.

Salah satu pengaruh dari kotoran sapi yang menempel di kulit/rambut sapi yang sangat tebal, ialah mengusik kenyamanan sapi serta menyulitkan ternak sapi buat mengendalikan temperatur badannya.

Petugas kandang juga wajib melindungi kebersihan dirinya sendiri buat menjauhi penyebarluasan bakteri penyakit. Triknya, ialah mensterilkan anggota tubuh dengan sabun maupun desinfektan.

Related posts

6 Tipe Pakan Ternak Bernutrisi Tinggi

Ibnu Dwi Karsono

Memahami Bermacam Tipe Kandang Sapi Perah

Ibnu Dwi Karsono

Penyakit Kembung Pada Kambing

Ibnu Dwi Karsono

Leave a Comment

WhatsApp us