Kandang

Panduan Membuat Kandang Sapi

Panduan Membuat Kandang Sapi

Panduan Membuat Kandang Sapi – Sehabis mangulas metode ternak sapi potong, baiknya mengenali tentang metode membuat kandang sapi. Ciri suatu kandang bukan dilihat dari seberapa bagus desainnya. Melainkan dilihat dari komponen – komponen yang terdapat di dalam kandang semacam sanitasi, lantai kandang, tempat limbah kotoran serta perlengkapan kandang yang lengkap. Seluruh komponen itu hendak jadi jaminan yang bagus buat kehidupan ternak serta evaluasi dari calon pembeli kala berkunjung ke kandang kamu.

Tipe Kadangkala Sapi

Saat sebelum mengawali membuat kandang, baiknya kamu memikirkan tipe kandang semacam apa yang kamu mau. Banyak berbagai tipe kandang sapi di Indonesia, namun cuma terdapat 2 yang kerap ditemukan pada usaha pembesaran sapi potong ialah kandang koloni serta individual.

Kandang Leluasa / Koloni

Tipe kandang ini semacam suatu barak yang dapat menampung banyak muatan dengan atap diatasnya bagaikan penangkal hujan serta terik matahari. Dalam artian lain, jenis ini membiarkan sapi kamu leluasa berkeliaran( dekat zona kandang) serta tidak terdapat sekat diantara tiap- tiap sapi. Umumnya dengan dimensi 7×9 meter dapat menampung sapi dekat 20 sampai 24 ekor. Buat penyesuaian terhadap kandang semacam ini, umumnya sapi memerlukan waktu dekat seminggu. Sebagian khasiat yang dapat didapatkan dari kandang jenis ini:

  • Biaya yang dikeluarkan cendrung lebih murah dibanding kandang individual.
  • Pekerja yang digunakan lebih sedikit dibanding kandang individual.
  • Kandang gampang dibesarkan tanpa banyak perubahan
  • Mudah buat menolong mengetahui birahi

Kandang Individual

Buat jenis individual, pergerakan sapi dibatasi dengan sekat- sekat sehingga susah buat bergerak. Serta di tiap- tiap sekat diisi satu ekor sapi. Sapi ditembatkan dengan tali yang telah diikat pada patok. Namun tidak tidak sering peternak tidak memakai sekat bagaikan pembatas serta cuma memakai tali bagaikan pembatas pergerakan sapi. Dengan itu pergerakan sapi cuma bisa bergerak maju – mundur serta duduk. Dimensi kandang tunggal sendiri umumnya mempunyai panjang 2,25 meter, lebar 1 meter, serta besar 2 – 2, 5 meter. Sebagian perihal yang Kamu miliki dalam pembuatan kandang individual:

  • Biaya pembuatan kandang yang besar sebab wajib membuat sekat antar sapi
  • Mudah melaksanakan pembersihan kandang
  • Biaya perawatan lebih besar dari kandang koloni
  • Mudah memantau keadaan kesehatan sapi
  • Terdapat sebagian formasi posisi kandang yang dapat kamu pakai bila mempraktikkan kandang individual.

Kandang tunggal

Kandang yang menempatkan sapi dalam satu baris serta arah kepala yang sama. umumnya formasi ini buat jumlah sapi sedikit ialah 5 – 10 ekor.

Kandang ganda ( face to face )

Kandang dengan penyusunan 2 baris, dimana kepala silih berhadapan. Di tiap baris ada lajur buat tempat pakan serta minum. Di

antara kedua barisan sapi tersebut terbuat celah jalur buat akses aktivitas peternak semacam pemberian pakan maupun mensterilkan kandang.

Kandang ganda ( tail to tail )

Penyusunan 2 baris dimana kepala sapi tidak silih berhadapan ( membelakangi ).

Pembuatan Kandang

Dalam proses pembuatan kandang, Kamu wajib memikirkan 3 elemen berarti ialah tata letak, kontruksi kandang serta peralatan kandang. 3 elemen tersebut ialah perihal vital sebab nantinya dari ketiga perihal tersebut hendak membuat sesuatu pondasi yang bagus buat keberlangsungan bisnis ternak kamu.

Dan, dari ketiga elemen tersebut pula Kamu dapat menyaring serta meminimalisir dampak – dampak negatif yang hendak timbul di masa depan. Semacam contoh, Kamu membangun kandang di wilayah yang jauh dari pemukiman sebab Kamu telah memperhitungkan tata letak serta akibat apa yang terjalin bila membangun dekat dengan pemukiman masyarakat.

Tata Letak

Tata letak meliputi 3 komponen ialah tata letak kandang, tata letak di dalam kandang, serta tata letak fasilitas penunjang di dekat zona kandang. Dengan mempersiapkan segala komponen tersebut hendak mempermudahkan Kamu kedepannya dalam membangun bisnis ini.

Semacam contoh ialah memperhitungkan tata letak kandang yang strategis. Dengan memperhitungkan kemudahan buat memperoleh pakan, akses yang gampang, dan

pula dekat dengan pasar ternak, hendak menjadikan nilai bonus yang bagus buat keberlanjutan bisnis ternak Kamu.

Konstruksi Kandang

Kandang sangat berarti dipunyai oleh tiap peternak. Sebab kemampuan kesejahteraan seseorang peternak sapi dinilai bersumber pada kesuburan serta kesehatan ternak.

Karena itu, komponen – komponen dalam pembuatan kandang wajib lebih dicermati semacam kerangka kandang, besar kandang, atap kandang, bilik kandang, sanitasi, lantai kandang, ruang isolasi serta tempat limbah kotoran.

Kerangka Kandang

Dalam pembuatan kandang, mulai dari yang simpel maupun bagus sekalipun memerlukan kerangka bagaikan penyangga bangunan. Kerangka kandang dapat dibuat dari pipa besi, beton, kayu ataupun bambu. Pemilihan bahan kerangka kandang juga wajib membiasakan keadaan posisi. Semacam contoh buat wilayah dekat tepi laut ataupun muara sungai wajib memilah bahan yang tahan hendak uap air asin.

Besar Kandang

Buat besar kandang, posisi ternak wajib dipertimbangkan. Artinya merupakan posisi ternak Kamu terletak di dataran besar ataupun rendah. Perihal ini merujuk pada temperatur yang dihasilkan di dalam kandang. Pada kandang yang berlokasi di dataran rendah diajarkan buat memilki kandang yang tinggi dekat 4,5m. Ini dimaksudkan buat menjauhi perputaran hawa yang senantiasa sehingga hawa hendak senantiasa sejuk. Sebaliknya buat dataran besar, diajarkan mempunyai besar kandang dekat 4m.

Atap Kandang

Bahan yang dapat pakai buat dijadikan atap kandang mulai dari genting, rumbia, plastik, sirap, ijuk, serta asbes. Memilih komponen yang dapat mempertahankan perputaran hawa supaya normal. Sebab temperatur yang baik merupakan yang tidak sangat dingin pada malam hari maupun tidak sangat panas di siang hari.

Apabila ketinggian atap dikira tidak begitu besar hendaknya memakai atap yang sanggup menolong perputaran hawa melalui celah atap tersebut.

Bilik Kandang

Bahan yang digunakan buat dijadikan bilik kandang umumnya merupakan tembok, bambu, lemabaran seng, papan maupun anyaman bambu. Ada 2 metode dalam pengaplikasiannya ialah kandang tertutup ( menutup penuh seluruh sisi kandang ) serta kandang separuh terbuka ( cuma separuh dari besar kandang ).

Umumnya perbandingan jenis bilik ini mengacu pada posisi kandang. Bila di wilayah pegunungan/dataran besar, kandang dengan bilik tertutup dibutuhkan buat melindungi temperatur kandang supaya tidak sangat dingin. Sebaliknya bilik separuh terbuka umumnya digunakan pada posisi dataran rendah.

Sanitasi

Kesehatan ternak berasal dari kebersihan kandang serta lingkungannya. Unsur – unsur pokok kandang juga wajib terbuat bersumber pada pertimbangan kesehatan lingkungannya.

Oleh sebab itu, sanitasi yang wajib dicermati merupakan semacam cahaya matahari bisa masuk ke kandang, perputaran hawa relatif normal, dan saluran pembuangan air mudah sehingga mempermudah peternak dalam melindungi kebersihan ternak serta kandang.

Lantai Kandang

Faktor ini umumnya tidak sangat dicermati oleh sebagian peternak. Cocok guna, lantai kandang ialah tempat pada waktu berdiri maupaun tiduran sepanjang ternak terletak di dalam kandang.

Lantai kandang hendaknya terbuat dengan baik, permukaannya wajib terbuat keras, rata, serta tidak licin sehinggar ternak merasa aman serta tidak beresiko buat peternak. Di peternakan modern, sebagaian besar lantai kandang dipasangi kisi – kisi ( grill ) serta dibawahnya ada saluran pembuangan kotoran sapi.

Ruang isolasi

Ruangan ini terbuat spesial buat sapi yang terserang penyakit. Ini bertujuan buat menjauhi penyakit yang meluas diantara ternak serta mempermudah proses pemulihan terhadap ternak yang sakit.

Kelengkapan Kandang

Ibarat rumah, unsur – unsur semacam lemari, tv serta yang lain tidak bisa dipisahkan sebab itu seluruh ialah kebutuhan manusia dalam mendukung hidupnya. Sama halnya semacam kandang, bila kelengkapan semacam tempat pakan/minum, tempat tambat sapi, serta yang lain tidak terpenuhi hingga proses pemeliharaan jadi terhambat. Oleh sebab itu, faktor semacam ini tidak boleh dilewatkan oleh pertenak.

Berikut sebagian kelengkapan kandang yang wajib terdapat di suatu kandang:

  • Tempat pakan serta minum
  • Tempat tambang sapi ( buat mengikat sapi )
  • Selokan ( mengalirkan air berkemih sapi )
  • Alat suntik, vaksinasi, serta penyembuhan lainnya
  • Alas lantai kandang ( jerami ataupun serbuk gergaji )
  • Sekop ( membuang kotoran sapi )
  • Ember ( menuangkan air minum buat sapi )
  • Sapu lidi ( buat mensterilkan kandang )
  • Selang
  • serta sprayer( buat memandikan sapi serta membesihkan kandang )
  • Sikat ( buat menyikat tubuh ternak serta mensterilkan kandang )
  • Tali ( buat mengikat serta keperluan kandang yang lain )
  • Kereta dorong/gerobak ( buat mengangkat sisa – sisa kotoran, sampah, serta rumput ke tempat pembuangan).

Fasilitas Pendukung

Fasilitas pendukung ini berperan buat memudahkan para peternak dalam mengurus bisnis sapi ternaknya. berikut sebagian fasilitas pendukung yang diperlukan.

Tempat penyimpanan pakan

Tempat yang berperan bagaikan penyimpanan bahan pakan baik pakan hijauan, jerami ataupun pakan penguat. Pada dikala pakan lagi belimpah umumnya peternak hendak mengumpulkan pakan yang tahan lama bagaikan persediaan. Luas yang diperlukan bergantung dari bahan pakan yang dapat dikumpulkan maupun lama kebutuhan yang diperlukan. Tempat penyimpanan pakan juga dapat diberi sekat buat membedakan tipe pakannya.

Tempat Meramu Pakan

Tempat ini alangkah baiknya terbuat cocok kebutuhan dan jumlah pakan yang hendak diramu serta ditaruh sepanjang proses silase. Serta kebersihan tempat meramu juga wajib dilindungi buat menjauhi kontaminasi dari mikroorganisme.

Tempat Timbangan

Bagaikan mengenali laju bobot badan ternak butuh dicoba pengukuran berat secara berkala. Dengan memakai timbangan di tempat yang telah di khususkan hendak memudahkan peternak serta membuat sapi aman.

Tempat Penampungan Kotoran

Peternakan sistem kandang diharuskan mempunyai tempat penampungan kotoran buat menjauhi penimbunan kotoran di dalam kandang. Posisi dari penampungannya sendiri juga wajib terletak agak jauh dari kandang buat menjauhi bau yang kurang nikmat. Di tempat ini pula wajib dibuatkan fasilitas buat membuat kotoran sapi jadi pupuk.

Gudang

Gudang berperan buat menaruh perlengkapan kandang supaya tercecer maupun hilang

Related posts

Peralatan Kandang Buat Kambing

Ibnu Dwi Karsono

Memenuhi Fasilitas Kandang Sapi Limousin

Ibnu Dwi Karsono

Konstruksi Yang Pas Buat Kandang Ayam Broiler

Ibnu Dwi Karsono

Leave a Comment

WhatsApp us