Ayam Kandang Teknologi

Pemanas Ayam Broiler Manual dan Macamnya

Pemanas Ayam Broiler Manual

Pemanas Ayam Broiler Manual dan Macamnya – Keberhasilan pemeliharaan ayam baik ayam bibit, ayam petelur, ayam pedaging serta ayam kampung, dimulai dengan pemberian pemanas ( brooder ) pada DOC ( anak ayam ), ataupun diketahui dengan sebutan brooding. Anak ayam belum mempunyai bulu lengkap di samping badannya yang rawan apabila cuaca terlampau dingin ataupun angin sangat kencang menerpa.

Bagaikan pemecahan menanggulangi permasalahan tersebut, hingga diciptakan bermacam perlengkapan pemanas sejalan dengan berkembangnya teknologi peternakan. Pemanas yang terdapat antara lain, pemanas minyak tanah, pemanas briket batubara, pemanas lampu listrik serta pemanas gas ( gasolec ). Bermacam berbagai perlengkapan pemanas tersebut mempunyai keunggulan tiap- tiap cocok dengan kebutuhan.

Baca Juga : Ukuran Kandang Ayam Petelur Untuk 1 Ekor

Temperatur yang Dibutuhkan

Pemanas Ayam Broiler Manual, Saat sebelum berdialog soal bermacam- macam perlengkapan pemanas, butuh dikenal terlebih dulu temperatur yang diperlukan oleh anak ayam. Dalam pertumbuhannya diperlukan temperatur pemanas yang berbeda- beda cocok dengan usia anak ayam serta pertumbuhan bulunya, semacam pada tabel berikut.

Kebutuhan Suhu Pemanas DOC

No. Umur (hari) **) Suhu Dibutuhkan (oC)
1 0 – 3 32 – 35
2 4 – 7 29 – 34
3 8 – 14 27 – 31
4 15 – 21 25 – 27

Keterangan: *Semua pemanas hanya digunakan sampai umur DOC 21 hari.

Temperatur bisa diukur dengan menempatkan termometer yang diletakkan 5cm di atas permukaan sekam / lantai. Perlengkapan pemanas hendaknya dinyalakan satu hari saat sebelum DOC datang di peternakan supaya temperatur di dekat area hangat secara menyeluruh. Metode instan mengenali temperatur sempurna buat anak ayam pada periode brooding pula bisa dengan mencermati tingkah – laku DOC, antara lain:

a. DOC menghindar dari pemanas, berarti temperatur sangat panas.

b. DOC mendekat pemanas, berarti temperatur sangat dingin.

c. DOC aktif serta menyebar, berarti temperatur sempurna.

d. DOC terletak dalam satu sisi serta bergerombol, terdapat hembusan angin yang masuk dari satu arah.

Macam- macam Perlengkapan Pemanas ( Brooder )

Pemanas Ayam Broiler Manual, Perlengkapan pemanas yang diketahui di area peternakan ayam bermacam – macam, tetapi guna utamanya sama, ialah buat menghangatkan serta menghindari DOC dari kedinginan, yang dapat berdampak pada kematian. Berikut macam – macam perlengkapan pemanas yang biasa digunakan antara lain.

a. Pemanas minyak tanah ( Semawar )

Pemanas semawar banyak digunakan pada waktu yang kemudian dikala bahan bakar minyak tanah masih gampang didapat serta belum mahal biayanya. Pemakaian pemanas model ini butuh acapkali dikontrol jangan hingga terdapatnya selang yang bocor, sebab rawan terbentuknya kebakaran. Buat menaikkan / merendahkan temperatur pemanas ialah dengan meninggikan / merendahkan posisi tangki minyak tanah. Harga pemanas semawar dekat Rp 300.000 – 500.000 per buah.

b. Pemanas briket batubara

Model pemanas briket batubara mulai timbul pada tahun 1993, pemanas ini sanggup menghangati dekat 750 – 1.200 ekor DOC, harga pemanas model ini dekat Rp 110.000 – 150.000 per buah. Dalam menyusun serta menyalakan pemanas briket batubara hendaknya di luar zona perkandangan supaya asap yang awal ditimbulkan tidak mencemari area dalam kandang yang berakibat kurang baik untuk DOC. Pemanas briket batubara merupakan alternatif buat jadi opsi di tengah melambungnya harga gas serta minyak tanah. Kebutuhan luas zona buat pemanas briket batubara dapat dilihat pada tabel berikut.

Kebutuhan Luas Area Pemanas Briket Batubara

No. Umur DOC (hari) Jumlah DOC/m2 (ekor)
1 0 60
2 3 40
3 5 30
4 7 20
5 9 15
6 12 10

c. Pemanas kompor sekam

Model pemanas inipun tercantum sangat simpel, energi tampung DOC yang terhangatkan 100 – 500 ekor. Pemanas kompor sekam tidak mempunyai pengatur temperatur, sehingga apabila panas diterima DOC kelewatan susah dinetralisir. Tidak hanya itu, asap yang keluar dari hasil pembakaran sekam sedikit banyak mengecam pernafasan DOC serta mencemari area. Harga perlengkapan pemanas model ini berkisar Rp 35.000 – 150.000. Tetapi, saat ini pemenas tersebut tidak sering digunakan lagi oleh para peternak.

d. Pemanas listrik ( bohlam pijar )

Tipe pemanas listrik merupakan yang sangat simpel, mempunyai efek kecil meski memerlukan bayaran tenaga yang mahal dengan energi tampung DOC yang terhangati relatif sedikit( cuma dapat digunakan pada kandang kotak panggung berdimensi 1m x 1m x 0,5m ). Fasilitas yang digunakan lumayan suatu kotak / kandang panggung kayu yang dilengkapi lampu pijar 40 – 100 watt, berkapasitas cuma 100 – 250 ekor DOC. Nilai bayaran pembuatan lumayan terjangkau Rp 35.000 – 150.000 per unit. Model pemanas ini banyak digunakan DOC ayam kampung serta dikira lebih nyaman dari serbuan predator, di samping teruji sanggup menekan angka kematian ternak.

Kelebihan pemanas listrik ( lampu pijar ) gampang digunakan serta diatur nyala- matinya, cuma saja sedikit lebih boros bayaran listrik serta susah mengendalikan kebutuhan temperatur cocok yang diperlukan DOC buat peternakan ayam skala besar.

Baca Juga : Ternak Itik Petelur Bagi Para Pemula Beternak

e. Pemanas gas ( gasolec )

Gasolec telah universal digunakan para peternak ayam baik skala kecil ataupun besar. Pemakaian gasolec relatif lebih instan serta nyaman ( tidak menghasilkan asap serta bunyi berisik ) baik untuk ayam ataupun peternaknya, sebab dilengkapi dengan regulator pengatur besar- kecilnya aliran gas serta tingginya temperatur yang diperlukan. Pemanas gas sanggup menghangatkan 1. 000- 1. 500 ekor DOC, biayanya berkisar Rp 1.000.000 – 1.200.000 per buah. Radius yang terjangkau 5m x 6m, ketinggian dari alas / sekam dapat diatur sendiri dengan perawatan yang teratur.

Sumber : Google

Related posts

Panduan Mengawali Bisnis Peternakan Ayam

Ibnu Dwi Karsono

Peternakan Ayam Dihantui CRD (Penyakit Pernafasan Pada Unggas)

Nasuha

Ukuran Kandang Ayam Broiler Yang Ideal

Ibnu Dwi Karsono

Leave a Comment

WhatsApp us