Artikel Ayam

Pemeliharaan Ayam Petelur Hingga Panen

Pemeliharaan Ayam Petelur

Pemeliharaan Ayam Petelur Hingga Panen – Sedikit menceritakan tentang sejarah ayam petelur. Asal usul dini mula ayam unggas ini ialah berasal dari ayam hutan serta itik liar yang di buru serta di tangkap buat di pelihara. Nah dari semenjak seperti itu tahun demi tahun ayam hutan di segala dunia di pilih dengan ketat oleh para pakar ahli.

Arah pilih ini bertujuan buat di lihatkan produksinya yang banyak. ayam yang telah di pilih tadi bertujuan buat penciptaan daging yang di tahu dengan ayam broiler, sebaliknya buat penciptaan telur di tahu dengan ayam petelur, di samping itu pilih pula di amati dari warna corak pada kulit telur hingga setelah itu populer bagaikan ayam petelur putih serta ayam petelur coklat.

Pemeliharaan Ayam Petelur Hingga Panen, Sejak persaingan itu telur ayam negri coklat terus naik daun sebaliknya telur ayam kampung mulai terpuruk kapar, hanya di pakai pada formula santapan tradisiona saja. bersamaan berjalanya waktu peternak ayam petelur ras coklat kian banyak serta saat ini ayam kampung bagaikan ajang buat di pelihara oleh masyarakat saja hingga saat ini.

Meski ayam negri coklat yang berasal dari ayam liar afrika serta asia. ayam ini telah di bilang lumayan banyak yang membudidayakan, serta ayam petelur ini telah dapat kita jumpai di segala pelosok indonesia semacam di pulai jawa serta sumatera.

Tipe Identitas Jenis Ayam Petelur Ringan

Pemeliharaan Ayam Petelur Hingga Panen, Ayam ini dapat di katakan memiliki corak bulu yang bercorak putih ayam ini pula bertelur putih serta mempunyai tubuh yang kecil, ramping / mungil, yang berjengger merah tipe ayam ini yang berasal dari galur murni white leghorn. Ayam ini pula dapat kita temukan di indonesi Serta ayam ini dapat bertelur hingga 270 per tahunya apalagi dapat lebih serta tipe ayam ini spesial buat bertelur ataupun dapat di katakan buat di ambil telurnya saja.

Baca Juga : Ternak Ayam Hias Serta Beberapa Jenisnya

Serta di lain sisi kelemahan ayam ini yang kurus serta memiliki daging sedikit ayam ini sangat sensitif sekali terhadap 3 perihal ialah Cuaca yang panas, keributan serta gampang kaget, apabila ayam ini memperoleh 3 perihal ini hingga penciptaan telurnya hendak gampang sekali menyusut jadi hindarkanlah seluruh pantangan itu semua.

Tipe Identitas Jenis Ayam Petelur

Ayam medium ini yang memiliki bobot badan yang cukup berat walaupun dari itu berat ayam petelur medium ini masih setara dari tipe ayam petelur putih serta broiler, Hingga dari itu seluruh tipe jenis ayam ini di katakan dengan ayam medium dengan tipe jenis ayam yang ga kurus serta tidak gendut, ya dapat di katakan lagi serta bertelur banyak dapat menciptakan daging yang lumayan banyak juga.

Pemeliharaan Ayam Petelur Hingga Panen, Ayam ini dapat di katakan dengan nama ayam dwiguna serta mempunyai wujud warna corak yang coklat buat tipe telur ini nilai jualnya masih sangat normal serta pemasaran telur ini sangat di gemari di golongan warga dibanding telur yang bercorak putih, mengapa yah,? toh gizi serta rasanya pula ga beda alias sama saja. tetapi kok harga telur coklat ini lebih mahal dibanding telur putih.

Perihal ini di karenakan telur coklat lebih berat dibanding telur yang bercorak putih serta penciptaan telur coklat lebih sedikit dari penciptaan telur putih. yang berbeda dari tipe ayam medium ini dagingnya lebih di gemari serta rasanya yang mantap serta lezat. seperti itu mengapa telur ayam medium lebih mahal dibanding telur ayam ringan.

Persyaratan Posisi Buat Usaha Ayam Petelur

Buat usaha ayam petelur hendaknya membuat posisi kandang yang jauh dari pedesaan / pemukiman masyarakat, perumahan serta keramaian. Kalo sobat memiliki persawahan sendiri itu sangat bagus, sebab dapat membuat kandang di tengah – tengah persawahan. ataupun kalo tidak memiliki sawah dapat pula menyewa sawah yang tidak jauh dari jalur, pemilihan sawah yang tidak jauh dari jalur hendak lebih bagus sebab lebih gampang di jangkau buat proses pemanenan serta pemasaran, nantinya.

Memilah hawa kandang yang sesuai usaha ayam petelur wajib menjajaki temperatur persyaratan yang berkisar kurang lebihnya 32,2 – 35 derajat celsius. Serta memiliki kelembaban tanah antara 60 – 70% penerangan serta pemanasan pembuatan kandangnya wajib penuhi persyaratan yang sudah di tetapkan.

Kandang menghadap ke cahaya matahari pagi supaya bisa menemukan cahaya pagi yang lumayan hendaknya membuat kandang dengan tanah yang datar saja serta buatlah dimensi kandang yang banyak fentilasi hawa supaya bisa berubah hawa yang terdapat di kandang dengan hawa yang segar. Perlengkapan di sajikan selengkap bisa jadi semacam cuma; tempat minum, tempat makan, tempat air, tempat ransum, tempat obat, serta perlengkapan buat penerangan.

Perlengkapan Buat Usaha Ayam Petelur

Di upayakan dalam usaha ayam petelur alas lantai dalam kondisi kering senantiasa serta hendaknya berikanlah atap yang bener – bener bagus serta tahan dari air hujan. Besar alas lantai hendaknya bertebal 10 centimeter serta bahan alas lantai ialah dengan kulit padi / sekam, serutan kayu.

Tempat Bertelur

Penyediaan tempat ini supaya kita dapat bisa mengambil telur dengan gampang serta biar cangkang telurnya senantiasa bersih. Buat kotakan dengan berdimensi 30 x 35 x 40. centimeter yang memuat dengan ayam 4 – 5 ekor kemudian kotak yang telah di buat di taruh di bilik serta lebih besar dari tempat yang biasa buat bertengger. Biar telur tidak di injak – injak serta tidak di makan penempatan kotak hendaknya di sesuaikan biar hasil telurnya dapat di ambil dari luar di dasar kotakan buat bertelur ayam, hendaknya di buat agak miring bambu yang telah di buat tatakan serta buatlah lubang dari kotakan lebih besar dari telurnya.

Tempat bertengger bermanfaat buat rehat, tidur ayam, buatlah di dekat bilik supaya kotoranya dapat di bilas dengan gampang dari luar, Serta buatlah tenggeran lebih rendah dari kotakan tempat telur. Tempat makan serta minum wajib ada lumayan, bahan buat tempat makan serta minum dapat di buat dengan bambu kayu, alumanium serta bahan yang dibuat dari plastik.

Pemeliharaan Ayam Petelur – Dengan Metode Yang Inovatif‎

Pemeliharaan Ayam Petelur Hingga Panen, Dalam usaha ayam petelur, memilah bibit ayam petelur ialah kemampuan tertentu baik itu ialah dari kemampuan maupun belajar serta mempraktekanya, maupun pengalaman. Pemilihan bibit ayam petelur sangat di perlukan, guna buat memperoleh produksifitas peternakan yang besar, dalam memilah bibit ayam butuh pengamatan – pengamatan pada wujud raga misal, wujud badan, corak kaki, tingkah laku ayam.

Pada dasarnya dalam melaksanakan usaha ayam petelur dapat di jalani dengan modal kecil, menengah serta besar. Apabila sobat belum mengenali tentang apa itu modal kecil, menengah serta besar.

Pemberian Pakan Serta Aksi Preventif

Dalam pemberian pakan pada usaha ayam petelur terdapat 2 fase ialah fase starter ( usia 0 – 4 minggu ) serta fase finisher ( usia 4 – 6 minggu, isi dari zat gizi terdiri dari protein 22 – 24% serta lemk 2,5%, serat agresif 4%, caklsium 1%, Phospor ( P ) 0,7 – 0,9% kwantitas pakan dibagi jadi 4 kalangan yaitu, Pada usia ayam 1 – 7 hari di beri 17 gr /hari serta /ekor serta pada usia 8 – 14 hari di beri 43 gram /hari /ekor usia 15 – 21 hari di beri 66 gram. pada usia 22 – 2991 /hari /ekor. jadi total seluruh pakan yang di butuhnkan buat masing – masing ekor ayam pada usia 4 minggu merupakan sebesar 1.520 gram

Isi serta kwalitas pakan fase finisher merupakan bagaikan berikut: isi zat gizi pakan terdiri dari protein 18,1 – 212%, lemak 2,5%, serat agresif 4,5%, kalsium 1%, phospor 0,7 – 0,9%, serta tenaga ( ME ) 2900 – 3400 Kcal. kwantitas pakan dibagi jadi 4 kalangan usia yaitu, Pada usia 30 – 36 hari, diberi 111 gram /hari /ekor. pada hari ke 37 – 43, di beri 129 gr /hari /ekor. pada usia 44 – 50 hari di beri 146 gr /hari /ekor, pada usia 51 – 57 hari di beri 129 gr /hari /ekor, jadi total totalitas pakan yang di beri pada per ekor ayam pada hari 30 – 57 merupakan 3.829 gr, jadi seluruh pakan yang di perlukan pada usia 1 – 57 hari merupakan 5.3490.

Pemberian Minum

Pula wajib di sesuaikan dengan dimensi ayam dalam pemberian air minum pada usia 1 – 29 hari serta kebutuhan minum dibagi lagi tiap – tiap per harinya hari 1 – 7 di beri 1,8 liter /hari /100 ekor, serta hari ke – 29 di beri 7,7 liter /hari /ekor, pada hari ke 15 – 21 di beri 4,5 liter /hari /liter /100 ekor serta minggu ke 4 pada hari 22 – 29 di beri 7,7liter /hari /ekor.

Jadi jumlah air yang di butuhkan dalam 4 minggu merupakan 122,6 liter /100 ekor, serta pemberian minum pada hari 1 – 7 sebaiknya di beri gula merah serta obat tekanan pikiran kedalam air minum tersebut, serta banyaknya gula yang di gunakan merupakan 50 gr /liter air jadi seluruh total air minum yang di campur obat tekanan pikiran serta gula sepanjang 30 – 57 hari sebanyak 333,4 liter /hari /ekor.

Pemeliharaan Kandang Serta Pemberian Faksin

Supaya bangunan kandang dapat kuat serta terus bermanfaat secara efisien hingga kandang senantiasa di pelihara serta di perhatikan. kandang senantiasa bersih serta senantiasa terpelihara senantiasa cermat pada tiap sudut kandang apabila terdapat bagian kandang yang rusak segeralah jalani penyulaman supaya kandang terus optimal serta penuhi persyaratan.

Buat pemeliharaan ternak serta pemberian vaksin merupakan salah satu pencegah terbentuknya virus serta penyakit yang meluas pemberian ini di bagikan tertib serta penggunaanya di bagikan dengan metode di suntikan ke dalam badan ternak tersebut, banyak pula macam – macam faksin Vaksin aktif, merupakan vaksin memiliki virus hidup.

Imunitas yang ditimbulkan lebih lama daripada dengan vaksin inaktif / pasif. Vaksin inaktif, merupakan vaksin yang memiliki virus yang sudah dilemahkan/ dimatikan tanpa merubah struktur antigenic, sampai sanggup membentuk zat kebal.

Baca Juga : Ternak Ayam Petelur 50Ekor Untuk Pemula

Proses Pemanenan Usaha Budidaya Ayam Petelur

Hasil yang utama di hasilkan dari Usaha Budidaya ayam petelur merupakan berbentuk telur yang di hasilkan oleh ayam serta hendaknya proses pemanenan di jalani pada 3x dalam sehari.

Sebab perihal ini bertujuan supaya kehancuran isi telur yang di sebabkan oleh virus bisa bebas serta pengambilan telur yang awal di jalani pada pagi hari pada jam, 10 – 11 serta pengambilan yang ke 2 pada jam 13 – 14 serta pengambilan telur yang terakhir pada jam 15 – 16 sembari mengecek kandang ayamnya.

Pengumpulan Telur

Dalam pengambilan serta pengumpulan telur yang telah di ambil di taruh di atas nampan, serta para pengambil telur wajib langsung memisahkan antara telur yang wajar serta yang tidak normal. Telur yang wajar merupakan telur yang berupa oval serta cangkang yang bersih pula memiliki berat 57,6 gram.

Serta telur yang tidak wajar ciri – cirinya wujudnya yang kecil ataupun sangat besar cangkangnya yang retak, serta kriting serta memiliki wujud yang lonjong.

Pembersihan

Sehabis telur berakhir di kumpulkan serta di sortir, berikutnya telur yang kotor sebab terserang liter ataupun tinja ayam di bilas. telur yang terserang liter di bilas dengan amplas besi yang halus ataupun di rendam dengan cairan pembersih, serta umumnya pembersihan ini di jalani buat proses penetasan telur.

Sumber : Google

Related posts

Ayam Tidak Sebodoh Yang diBayangkan

Ibnu Dwi Karsono

Harga Ayam Broiler Normal Belum Membuat Peternak Tenang

TernakAyam

Beternak Ayam Mau Sukses, Baca Deh

TernakAyam

Leave a Comment

WhatsApp us