Artikel Ayam

Ternak Ayam Joper Pemula dan Cara Pemeliharaannya

Ternak Ayam Joper Pemula

Ternak Ayam Joper Pemula dan Cara Pemeliharaannya – Tidak terdapat peternak ayam joper sukses, tanpa menekuni metode beternak ayam joper terlebih dahulu. Bagi aku belajar beternak itu sangat berarti terlebih bila masih peternak pendatang baru, ini dapat jadi investasi masa depan dengan hasil ternak sangat menggiurkan.

Tidak sedikit warga yang setelah itu tertarik buat terjun dalam usaha ternak ayam Joper. Beternak ayam Joper sesungguhnya bukanlah susah. Kamu bagaikan pendatang baru juga dapat melaksanakannya. Cuma saja memanglah diperlukan kerja keras serta intensitas dalam memeliharanya. Banyak peternak yang apalagi memiliki ribuan ayam joper tetapi hasilnya tidak cocok dengan yang di idamkan, bisa jadi saja sebab minimnya bimbingan.

Ternak Ayam Joper Pemula dan Cara Pemeliharaannya, Ayam Joper ialah singkatan dari Ayam Jawa Luar biasa. Ayam Joper ialah hasil pernikahan silang antara jantan ayam kampung serta betina ayam petelur. Nama lain ayam joper merupakan ayam jawa luar biasa, ayam kampung luar biasa, ayam kamper serta bermacam berbagai nama yang lain.

Beternak ayam Joper saat ini tengah jadi topik yang ramai di golongan warga. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis ternak ayam Joper ini. Antara lain ayam Joper mempunyai keahlian berkembang lebih kilat dari pada ayam kampung biasa sehingga masa panennya juga lebih kilat, harga jual ayam Joper di pasaran cenderung besar serta normal sehingga dapat membagikan keuntungan lebih pada peternak.

Keunggulan ayam Joper ini tidak timbul begitu saja. Tetapi disebabkan watak asli dari indukannya ialah ayam broiler serta ayam kampung ataupun ayam lokal. Ayam broiler mempunyai perkembangan yang kilat serta daging yang lebih gendut. Ayam broiler ini banyak dijual di pasaran buat mengkonsumsi tiap hari maupun bisnis rumah makan.

Ternak Ayam Joper Pemula dan Cara Pemeliharaannya, Sebaliknya ayam kampung populer dengan rasanya yang sangat lezat serta mempunyai energi tahan badan besar dari bermacam berbagai penyakit unggas. Hingga tidak heran bila keunggulan – keunggulan tersebut setelah itu menyatu dalam spesies baru, ialah ayam Joper sehingga pantas dibanderol dengan harga besar.

Dalam postingan ini, saya hendak mangulas metode beternak ayam joper secara runtut serta tuntas. Berikut 3 langkah gampang metode beternak ayam joper yang dapat kamu praktekkan :

Baca Juga : Ternak Ayam KUB Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Persiapan Kandang

  • Pemanas

Buat DOC ayam dengan jumlah 100 – 300 ekor lumayan memakai lampu bohlam dimensi 100 watt, per 100 ekor 1 bohlam. Untuk DOC ayam lebih dari itu lebih baik memakai pemanas gasolec, tidak hanya lebih bagus, biayanya pula lebih murah daripada memakai lampu bohlam.

  • Tempat Pakan

Buat tempat pakan, lebih baik memakai yang dimensi kecil, tetapi jumlahnya banyak, supaya ayam dapat memperoleh pakan secara menyeluruh serta tidak rebutan.

  • Tempat Minum

Sama semacam tempat pakan, lebih baik memakai dimensi kecil tetapi jumlahnya banyak dari pada yang besar tetapi jumlah terbatas. Untuk ayam yang masih kecil, tempat minum di bagikan kerikil / batu kecil – kecil supaya ayam cuma dapat mengambil minum, tanpa wajib masuk ke dalam tempat minum ( Bila ayam kerap masuk ke tempat minum, ditakutkan terserang virus ataupun bisa jadi kedinginan, sehingga menyebapkan kematian ).

  • Dimensi kandang

Buat masa grower, 2 m persegi telah lumayan buat 100 ekor ayam, nanti terus menjadi lama terus menjadi besar dimensi ayam, pindah ke kandang yang lebih besar. Untuk dimensi rata – rata, ayam joper usia 2 bulan per 1 m2 kandang, lumayan menampung 9 – 10 ekor ayam.

  • Lantai kandang

Buat masa Breeding, pakai sekam kemudian di campur dengan pasir buat meresap kotoran serta supaya tidak bau. Dapat pula di dasar sendiri dikasih kertas koran

Buat masa pembesaran serta masa finisher, pindahkan ke kandang yang lebih luas serta yang mempunyai lantai kandang sekam + pasir yang lebih tebal.

Persiapan Bibit / DOC Ayam

Kesuksesan beternak ayam joper, sangat didetetapkan oleh bibit ayam yang bagus. Bila di persentasi, bibit menyumbang 40% kesuksesan beternak, Sebab seahli apapun peternak, jika cocok bisa bibit yang kurang bagus, dapat ditentukan hendak terdapat kegagalan.

Buat kamu yang memerlukan bibit ayam joper, dapat menghubungi ayamjoper. id, kami senantiasa berupaya buat membagikan bibit yang terbaik buat para peternak kami.

Pemberian Pakan

Yang kerap di tanyakan oleh peternak pendatang baru kepada kami merupakan “ Pakannya pake apa ya ? kira kira kebutuhan pakannya hingga panen berapa banyak ? ” Baik, secara universal, ayam joper memakai pakan persis ayam broiler.

Disebabkan terdapat sebagian fase dalam perkembangan ayam: fase starter, fase pembersaran, fase finisher. Setiap masa memerlukan kebutuhan nutrisi / vit sendiri sendiri sehingga kebutuhan pakannya juga berbeda.

Buat masa starter dapat memakai pakan starter semacam 511. Buat masa pembesaaran dapat memakai pakan pembesaran. Untuk kebutuhan pakan mulai dari usia 1 – 60 hari, per 100 ekor ayam joper memerlukan 2 kwintal / 4 karung pakan.

Perlakuan DOC Pada Dikala Awal Kali Datang

Sehabis kandang serta pakan siap, serta telah terdapat agenda DOC pesanan kamu dikirim, hingga kamu wajib bersiap siap. Yang sangat berarti merupakan mengecek apakah pemanas, tempat pakan serta minum telah siap ?, Jika telah siap berarti kandang siap di isi doc.

Saat sebelum DOC tiba kamu wajib mempersiapkan air gula merah, air gula ini nanti hendak diberikan kepada ayam awal kali sehabis ayam lewat ekspedisi yang jauh. Tujuan dari pemberian air merupakan buat memulihkan tenaga ayam. Pemberian air gula ini lumayan sekali saja, sehabis 1/2 – 1 jam sehabis itu baru di bagikan pakan serta minumnya.

Masa Breeding

Masa breeding merupakan fase ayam usia 1 – 10 setiap hari. Pada fase ini ayam wajib “ dimanjakan ” sebab sangat pengaruhi fase berikutnya. Bila penindakan ayam di masa ini salah, hingga mudah terjalin kematian ataupun jika ndak gitu perkembangan ayam di fase berikutnya sangat lelet.

Pada masa ini yang sangat urgent merupakan pemanas. Pemanas yang di pasang buat ayam wajib lumayan. Jika ayam jumlahnya 100 – 300 box lumayan gunakan pemanas bohlam. Bila ayam lebih dari itu disaran kan memakai pemanas sejenis kompor. Sepanjang 1 – 10 setiap hari, pemanas tersebut wajib di nyalakan.

Baca Juga : Tips Sukses Beternak Ayam Sistem Close House

Masa Pembesaran

Pada masa ini, ayam telah mulai di lepas di kandang umbaran / kandang liter. Ayam wajib di rawat dengan baik, semacam pemberian pakan serta lain lain wajib tertib. Kebersihan kandang, tempat minum, tempat pakan pula wajib benar benar dilindungi sebab sangat rentan tersebar penyakit dari kandang yang kotor.

Hendak lebih baik bila kamu memiliki probiotik spesial buat kandang, kita memiliki saran memakai produknya ayah Betha Sutrisno dari bumi ternak klaten ialah sebuat ramuan spesial buat pembersihak kandang, yang dapat di gunakan beerapa hari sekali dengan metode di semprot ke alas kandang.

Penindakan Panen

Ayam joper dapat di panen usia 60 – 75 hari, bergantung perawatan serta mau dipanen pada bobot berapa. Kamu wajib telah bersiap siap mencari bakul ayam bila umur serta bobot ayam dirasa telah memadai. Ingat, kamu telat panen sebagian hari saja telah dapat pengaruhi kalkulasi, sebab pakan wajib kamu keluarkan tiap hari.

Seperti itu ulasan menimpa Metode Beternak Ayam Joper buat Kamu yang tertarik buat mencobanya. Pahami tiap langkahnya dengan benar supaya Kamu dapat mencapai keuntungan maksimal. Bila Kamu belum memahami langkah- langkah di atas dengan baik, hendaknya jangan mengawali buat ternak ayam Joper.

Related posts

Membuka Keran Impor Ayam, Indonesia Harus Waspada Pasca Dikalahkan Brazil di WTO

TernakAyam

Panduan Pembuatan Kandang Ayam Kampung

Ibnu Dwi Karsono

Budidaya Ayam Layer Bagi Peternak Pemula

Nasuha

Leave a Comment

WhatsApp us