Ayam Bisnis

Ternak Ayam Modal Kecil – kecilan

Ternak Ayam Modal Kecil - kecilan

Ternak Ayam Modal Kecil – kecilan – Tentu terdapat saja yang berupaya usaha ini. Sebab di mana bila mau berupaya usaha ternak nyatanya wajib mulai dari usaha kecil – kecilan. Nah tetapi bila kamu telah mempunyai modal, tetapi kamu masih bimbang dengan metode beternaknya sebab mempunyai modal yang dikit. Hendak kami bagikan triknya kepada kamu.

Ayam Kampung ialah salah satu hewan unggas yang sangat banyak di peruntukan oleh warga bagaikan ayam ternak. Ayam kampung ini mempunyai 2 khasiat, yang awal di mana daging ayam ini pula dapat di peruntukan mengkonsumsi manusia bagaikan mengerti pangan. Sedangkan buat telurnya pula dapat di jual ke pasar ataupun ke kedai.

Ternak Ayam Modal Kecil – kecilan, Buat ayam kampung ini biasa di peruntukan bagaikan hewan peliharaan sampingan ataupun pula dapat di peruntukan bagaikan bisnis utuhan. Sebab di mana ayam kampung ini sangat gampang di pelihara semacam ternak domba garut sehingga telah tidak heran lagi bila banyak yang berupaya buat mengambil ternak tipe hewan ini ya guys.

Baca Juga : Ukuran Kandang Ayam Broiler Yang Ideal

Ayam kampung ini mempunyai daging yang sangat lezat di banding ayam yang lain. Serta harga ayam kampung ini pula sangat mahal ya guys. Sehingga banyak pula yang membutuhkan serta banyak pula pengonsumsi yang di jual di tiap restoran. Nah apakah kamu mau berupaya buat ternak ayam kampung ini? Bila kamu mau berupaya buat ternak ayam kampung ini meski modal kamu tidak banyak, berikut ini hendak kami bagikan solusinya kepada kamu. Gimana solusinya langsung saja yok bagaikan berikut:

Kandang Yang Sederhana

Ternak Ayam Modal Kecil – kecilan, Semacam modal yang di miliki, hingga kamu wajib dapat membuat kandang dengan dimensi simpel. Semacam bilik ayam di buat dari bambu ataupun dari kawat jaring- jaring. Dalam kandang, kamu dapat membiarkan tanah saja ya guys serta dalam kandang tersebut kamu dapat membuat sebagian kotak yang di mana hendak di pakai buat tampat bertelur.

Kamu dapat mencari bahan seadanya yang terdapat di dekat rumah kamu buat di peruntukan kandang ya guys. Sedangkan buat tempat makan serta tempat minum, kamu dapat memakai wadah yang telah tidak ginuakan lagi. Tetapi kamu wajib mensterilkan tempat makan serta minum terlebih dulu ya guys supaya ayam tidak keracunan.

Memakai bahan yang terdapat di sekitaran rumah itu sangatlah bagus. Sebab dimana modal yang di miliki pula dapat di pakai buat keperluan lain. Tetapi jangan hingga kamu memakai bahan yang berbahay ya guys serta jangan hingga bahan tersebut gampang di hancurkan oleh hewan predator yang lain. Buat atap kamu dapat memakai seng sisa yang dapat kamu beli dengan harga yang murah.

Bibit ( DOC ) Ayam Kampung

Cocok dengan modal yang kamu miliki. Kamu wajib mempunyai patokan buat membeli bibit ayam dengan berapa. Conthnya kamu mempunyai duit Rp. 200. 000 buat membeli anak ayam, nah kamu dapat membeli anak ayam bisa berapa ekor gitu. Meski duit cuma pas- pasan kamu pula wajib mencari ayam yang mempunyai mutu terbagus ya guys.

Bila telah berakhir seluruhnya serta duit kamu masih terdapat meningkat modal tadi. Hingga kamu dapat menaikkan sebagian ekor anak ayam lagi ya lur. Jadi bila kamu mempunyai sedikit rezeki hingga kamu dapat menaikkan ayam lagi, supaya berkembangnya dengan kilat ya lur.

Pemberian Vaksin

Sehabis kamu membeli anak ayam serta membawa kembali ke rumah. Hingga sehabis ayam berusia 4 tahun di dalam kandang. Hingga kamu wajib membagikan vaksin kepada ayam, sehabis itu pemberian vaksin dapat di jalani kembali pada dikala ayam telah berusia satu bulan ya lur.

Kamu wajib membagikan ayam vaksin, sebab ini hendak menolong menahan energi badan ayam ya lur. Vaksin ini dapat bermanfaat supaya ayam tidak gampang terkena penyakit ya lur. Buat ayam yang berusia 4 hari kamu dapat membagikan vaksin di bagian mata. Jangan di suntik ya lur, sebab bila kena tulang ayam tersebut dapat jadi lumpuh lur. Sedangkan buat ayam yang telah 1 tahun dapat kamu suntik ya lur di bagiakn dada ataupun pahanya.

Pakan Ayam Kampung

Berikutnya merupakan pemberian pakan, bila kamu membeli pur tiap hari itu pula sangat boros ya lur, jadi kami sarankan kepada kamu. Supaya kamu dapat membagikan sisa pakan semacam nasi sisa ataupun ampas kelapa ataupun yang lain. Ataupun kamu dapat kepas buat mengambil sayur- mayur yang telah tidak di gunakankan lagi.

Tetapi sayur yang kamu ambil dari pasar wajib kamu suci sampai bersih ya guys. Sebab sayur tersebut telah di semprot dengan peptisida sehinga sangat bahaya untuk perkembangan ayam. Tetapi bila ayam masih kecil kamu wajib membagikan por yang halus ya guys supaya ayam bisa makan pur tersebut. Tidak hanya itu, kamu pula wajib membagikan minum ya pula memiliki vit ya guys supaya ayam senantiasa sehat serta bertumbuh dengan baik.

Pertumbuhan Ayam Kampung

Pertumbuhan ayam kampung hendak di amati dari metode perawatan yang kamu jalani terhadap ayam. Dengan waktu hingga ayam hendak tumbuh dengan sendiri. Apabila kamu menemui ayam yang lagi sakit, hingga kamu memisahkan ayam tersebut ya guys. Kamu dapat menyimpan ayam yang sakit di kangdang ataupun wadah yang lain.

Baca Juga : Ukuran Standart Kandang Baterai Ayam Petelur

Jangan perkenankan ayam yang sakit bergabung dengan ayam sehat lain. Sebab dengan kilat ayam yang sakit dapat tersernag penyakit ya guys. Ayam ini ialah hewan unggas yang sangat lemah, sehingga sangat gampang bila terserah oleh penyakit. Buat ayam yang sakit serta telah kamu pisahkan, hingga kamu dapat membagikan perawatan yang lebih baik lagi ya guys.

Bila ayam telah masuk pada umur bertelur, hingga kamu dapat mengambil telur buat di jual ataupun kamu pula dapat membiarkan ayam tersebut mengeramkan telur tersebut supaya dapat tumbuh lebih banyak lagi.

Pemasaran Ayam Kampung

Bila telah melewati masa perawatan, hingga berikutnya hendak masuk pada masa panen. Ayam kampung di jual dengan perhitungan perkg. Ayam kampung ini cukup mahal ya guys, hingga dari itu, bila kamu menjual ayam ini ke pasar hingga kamu hendak memperoleh keuntungan yang sangat besar.

Sumber : Google

Related posts

Biaya Pembuatan Kandang Ayam Broiler

Ibnu Dwi Karsono

Kasus Teknis Petenakan Ayam

Ibnu Dwi Karsono

Riuh Ayam Impor Brazil; Bagaimana Nasib Peternak Lokal?

Nasuha

Leave a Comment

WhatsApp us