Artikel Ayam

Ternak Ayam Pejantan Bagi Para Pemula

Ternak Ayam Pejantan

Ternak Ayam Pejantan Bagi Para Pemula – Bisnis ternak ayam pejantan biasanya telah tidak asing lagi para peternak ayam. Karena bila dibanding dengan bisnis ayam yang lain, bisnis ayam pejantan mempunyai nilai lebih tertentu ialah sebab tekstur daging yang lebih padat serta nyatanya mempunyai pasar tertentu dan mempunyai harga yang lebih mahal bila dibandingan ayam pedaging. Nah apakah Kamu tertarik buat bisnis ayam pejantan? Bila iya, ikuti saja pembahasan berikut ini. Karena kali ini hendak mangulas menimpa metode yang pas dalam bisnis ayam pejantan.

Semacam yang kita tahu jadi karyawan tidaklah salah satunya hal buat memperoleh pemasukan. Apalagi dikala ini banyak sekali karyawan kantor yang mempunyai usaha sampingan buat memperoleh pemasukan yang lebih. Sebagian usaha sampingan yang dapat dicoba buat karyawan serta pekerja yang lain merupakan usaha perternakan. Serta salah satu usaha ternak yang dapat Kamu coba merupakan ternak ayam pejantan.

Semacam yang telah dipaparkan tadi kalau ternak ayam pejantan mempunyai keuntungan serta kelebihan tertentu bila dibanding dengan usaha ternak ayam pedaging. Tidak hanya itu, segementasi pasar ayam pejantan lebih banyak. Biasanya ayam pejantan kerap dijadikan bagaikan pengganti ayam kampung di rumah maupun warung makan. Perihal inilah yang membuat kesempatan usaha ternak ayam pejantan mempunyai prospek ke depan yang bagus serta nyatanya menguntungkan.

Kemudian gimana metode yang pas dalam melaksanakan ternak ayam pejantan ? Buat lebih jelasnya, Kamu dapat menyimak pembahasan berikut ini.

Persiapan Kandang

Metode yang awal merupakan dengan mempersiapkan kandang. Sehabis kandang berakhir terbuat, lakukanlah aktivitas disinfeksi. Disinfeksi bertujuan buat menewaskan bakteri yang terdapat di dalam kandang sehingga diharapkan kandang bisa steril dari bakteri. Aktivitas disinfeksi ini bisa dicoba dengan metode pengapuran, menyemprot kandang larutan dengan disinfektan semacam antiseptik ataupun iodin sampai dapat menjangkau segala bagian kandang.

Baca Juga : Kandang Ayam Joper Modern adam Simpel

Sehabis persiapan kandang berakhir, tahapan berikutnya merupakan dengan pembuatan brooding ataupun induk buatan. Bila kandang postal, taburi segala lantai kandang yang sudah dikapur dengan ketebalan kurang lebih 5 hingga 7 centimeter. Sebaliknya pada kandang panggung, lantai dlapisi dengan terpal sampao seluruh lantai tertutup setelah itu baru ditaburi sekam dengan ketebalan yang sama dengan kandang postal kemudian ratakan.

Buat tempatnya sendiri jangan sangat terbuka, sebab dapat merendahkan temperatur rungan. Temperatur kandang wajib tertib ialah dekat 25 sampai 30 derajat Celcius. Buat metode ternak ayam pejantan itu sama persis dengan ayam joper / jawa luar biasa. Metode ternak ayam pejantan sama dengan ternak ayam joper, panen pula sama 2 bulan ataupun 60 hari, nah yang membedakan antara pejantan serta joper itu harga doc pejantan lebih murah dibanding doc joper. Metode ternak pejantan dari dini hingga panen sama dengan ternak ayam jowo luar biasa.

Bagikan Pakan yang Sesuai

Pakan ialah aspek utama keberhasilan dalam beternak ayam jantan. Tiap harinya, pemberian pakan terhadap ayam jantan wajib cocok dengan jatah serta nutrisi yang diperlukan. Pakan ayam Joper dapat Kamu miliki di toko pakan ternak terdekat.

Tetapi, tadinya Kamu wajib berikan ketahui kepada penjual terpaut dengan usia ayam jantan yang lagi diternak sebab pakannya wajib cocok dengan usianya. Ayam jantan yang masih kecil membutuhkan pakan dengan tekstur halus serta gampang di cerna.

Ketentuan Pemberian Pakan Ayam jantan

DOC Ayam yang baru tiba silahkan di istirahatkan dahulu sebagian dikala, setelah itu bagikan minum dari kombinasi gula jawa serta air ( 1 Sendok gula jawa di campur 200 ml air )

Buat DOC dari 1 – 20 hari di kasih pakan AB 1 FC ( fine crumble )

Pakan komplit butiran masa dini ayam pedaging dengan protein 21%. Metode penggunaanya merupakan buat pakan ayam pedaging dari masa usia 1- hari hingga 20 hari.

Buat usia 21 – 40 hari dapat ditukar pake pakan AB 1 EX, supaya harga lebih murah, tetapi protein yang di butuhkan masih senantiasa tercukupi.

Nah buat berikutnya dari usia 41- panen kita pake pakan yang lebih murah lagi sebab protein yang diperlukan pada usia ayam tersebut telah tidak semacam pada usia ayam tatkala masih dibawah 40 hari. Terus menjadi ayam itu besar hingga konsumsi protein yang diserap ayam tersebut terus menjadi menurun, hingga kita anjurkan pake pakan SB 1 SL yang biayanya relatif lebih murah.

Yakinkan Kamu mengendalikan pakan ayam Joper tersebar menyeluruh. Jangan hingga terdapat ayam Joper yang tidak ingin makan ataupun tidak kebagian pakan sehingga pertumbuhannya terhambat, apalagi berakhir parah. Bila perihal tersebut terjalin, hingga lekas cek ayam Joper yang bersangkutan buat ditangani lebih lanjut.

Agenda serta metode vaksin

Buat vaksin yang awal usia 1 – 3 hari merupakan vaksin ND – IB dengan metode diteteskan mata, yang kiri boleh yang kanan pula boleh satu kali tets saja.

Vaksin yang ke 2 usia 10 – 15 hari vaksin GUMBORO A dengan metode melalui minuman, ayam dipuasakan sepanjang 2 jam, sehabis itu vaksin dikasihkan di air minum cocok dosis vaksin tadi. Serta kasihkan sepanjang 2 jam, sehabis 2 jam air vaksin wajib dibuang sebab memiliki kuman. Serta jika air sisa vaksin tidak di buang dapat membahayakan ayam itu sendiri.

Vaksin yang ke 3 usia 20 – 25 hari, merupakan ND – LASOTA, vaksin ini metode pemberianya sama dengan vaksin yang ke 2 ialah melalui air minum. Vaksin yang ke 3 buat ayam joper merupakan vaksin yang terakhir sebab cuma di panen sepanjang 2 bulan.

Bagikan Multivitamin Supaya Ayam Kondisinya Senantiasa Prima

Ayam usia 1 hari pemberian air gula serta Vita chick ataupun Neo meditril buat menanggulangi tekanan pikiran serta ayam terus menjadi kokoh, buat menghindari berak kapur, berak hijau dikasih KOLERIDRIN. Ayam usia 4 – 6 hari bagikan Vita Chick ataupun vita stress buat menghindari ayam tekanan pikiran serta memacu perkembangan ayam jantan.

Ayam usia 12 – 13 hari, usia 22 – 24 hari serta usia 31 – 32 hari ayam di beri Vita stress ataupun Fortevit buat menghindari tekanan pikiran serta buat memacu perkembangan ayam. Pemberian multivitamin triknya ialah dengan mencampurkannya ke air minum ayam

Penangkalan & Penangananan Penyakit pada Ayam

Atur perputaran hawa dalam kandang. Jauhi terdapatnya genangan air di dekat kandang ( terlebih di dalam ) sebab genangan bisa jadi sarang penyakit. Bila telah terserang penyakit universal semacam tetelo, snot ataupun gumbolo, hingga langsung saja di atasi dengan obat yang cocok dengan penyakit tersebut.

Obat dari penyakit ayam Joper dapat dibeli di toko ternak unggas terdekat ataupun di balai – balai peternak ayam. Tetapi, tidak seluruh tipe penyakit unggas dapat ditangani. Terkadang terdapat yang susah diatasi ataupun belum terdapat obatnya, sehingga pemecahan terbaik merupakan memisahkannya dengan senantiasa terus membagikan perawatan serta pakan terbaik.

Manajemen Pemeliharaan Ayam Pejantan

Sesi berikutnya yakni manajemen pemeliharaan. Mulai kebersihan kandang, pemberian pakan, perkembangan sampai kesehatan ayam jantan wajib dicermati dengan teliti serta cermat. Kamu wajib mengerti kalau manajemen pemeliharaan sangat memastikan keberhasilan usaha ternak ayam pejantan.

Manajemen pemeliharaan antara lain mengendalikan senantiasa kebersihan kandang, pemberian pakan serta vaksinasi ayam Joper. Kamu wajib teratur mensterilkan kandang supaya tidak kotor serta memunculkan akibat kurang baik pada ayam jantan. Kebutuhan pakan masing – masing harinya wajib dipadati dengan baik.

Baca Juga : Kandang Ayam Kalkun Beserta Jenis – Jenisnya

Sebagian ayam pejantan wajib ditimbang bobotnya paling tidak seminggu sekali buat mengenali apakah pakan yang diberikan telah bekerja dengan baik ataupun malah kebalikannya. Vaksinasi pula wajib diberikan secara tertib supaya ayam pejantan bebas dari seluruh berbagai penyakit unggas. Saat ini aku ingin berbagi analisa usaha ternak ayam pejantan

Harga DOC Joper 100 ekor = Rp 3000 ( 1 ekor ) = Rp 300.000

Pakan ( voer ) AB1 FC + AB1 EX + SB1 SL

( 4 karung ) = Rp 370.000 ( total dirata2 dari 4 karung ) = Rp 1.480.000 ( 4 sak )

Sekam serta koran = Rp.1.000

Listrik = Rp 50.000

Vaksin serta vit = Rp 80.000

Total = Rp 1.940.000

Pemasukan : Misal, fcr 2,2 hingga hasil panen kurang lebih 90 kilogram.

FCR merupakan jumlah pakan yang di butuhkan di bagi jumlah panen yang di hasilkan.

Diambil dari sebagian data kalau harga ayam pejantan dikala ini ialah Rp 26.000 /kilogram. Jadi dapat di katakana kalau pemasukan buat 100 ekor ayam pejantan ialah dekat Rp 300.000 – Rp 400.000.

Buat melaksanakan perawatan ayam pejantan hingga panen ialah memerlukan waktu kurang lebih 2 bulan ataupun 60 hari. Waktu masa panen 60 hari ini lumayan pendek di bandingkan dengan ayam kampung yang lain. Serta tidak lambat – laun Kamu menunggu sebab dengan waktu kurang lebih 2 bulan itu Kamu telah bisa keuntungan.

Catatan : harga – harga tersebut membiasakan dengan masing – masing daerah. Jadi, dapat berubah – ubah bergantung dengan daerah Kamu serta keuntungan pula dapat berubah – ubah pula.

Sumber : Google

Related posts

Kandang Ayam Joper Umbaran dan Cara Mengelolanya

Ibnu Dwi Karsono

Memilah Posisi Peternakan Ayam

TernakAyam

Kandang Ayam Ketawa Yang Ideal Bagi Pemula

Ibnu Dwi Karsono

Leave a Comment

WhatsApp us